Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu dan mantan pejabat negara sudah hadir di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa, untuk mengikuti prosesi pemakaman Ibu Hasri Ainun Habibie.

Sejumlah menteri yang hadir antara lain Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menteri Agama Suryadharma Ali, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, dan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng.

Selain itu tampak juta beberapa anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) antara lain Widodo AS, Jimly Asshiddiqie dan Ginandjar Kartasasmita, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, dan Ketua MPR Taufik Kiemas yang datang bersama putrinya, Puan Maharani.

Sejumlah mantan pejabat negara seperti Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang datang bersama dengan Ibu Mufidah, mantan Wakil Presiden Hamzah Haz, dan istri Presiden keempat Aburrahman Wahid, Sinta Nuriyah, juga hadir di tempat pemakaman.

Terlihat juga berbagai tokoh seperti wartawan senior Rosihan Anwar, Ketua PP Muhammadyah Din Syamsuddin, dan Quraish Shihab.

Saat ini jenazah Ibu Ainun yang tiba di Bandara Halim Perdanakusuma pada pukul 04.50 WIB baru diberangkatkan dari rumah duka di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

Ibu Hasri Ainun Habibie akan dimakamkan di Blok F, Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa, pada pukul 11.00 WIB.

Liang lahat untuk istri Presiden ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie, itu telah disiapkan di bawah naungan tenda berwarna putih.

Makam untuk Ibu Ainun Habibie terletak di depan makam Abdul Haris Nasution dan istrinya, Juhana Suwardi Nasution, dan sejajar dengan mantan Menteri Luar Negeri yang juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden Ali Alatas, Mantan Panglima TNI Edi Sudrajat, Mantan KSAU Saleh Basareh, serta mantan Ketua Dewan Pertimbangan Agung (DPA) AA Baramuli.

Saat ini lokasi pemakaman sudah dipenuhi oleh ratusan orang yang ingin menyaksikan prosesi pemakaman yang akan dilangsungkan secara militer dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Dari pintu masuk TMP Kalibata ke lokasi pemakaman telah disiapkan hamparan karpet merah yang nantinya akan dilalui oleh rombongan pembawa jenazah Ibu Ainun

Hasri Ainun Habibie pada usia 72 tahun meninggal dunia di Rumah Sakit Ludwig Maximilians-Universitat, Klinikum Gro`hadem, Muenchen, Jerman pada Sabtu pukul 17.30.
(D013/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010