Jakarta (ANTARA News) - Direktur Teknologi dan Operasi Bank Mandiri Zulkifli Zaini masih enggan membicarakan kemungkinan dirinya mengisi jabatan direktur utama di bank itu menggantikan Agus Martowardojo yang sekarang menjabat Menteri Keuangan.

"Kita lihat sajalah, yang penting nanti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) akan menentukan semuanya," ujarnya di Jakarta, Rabu.

Ia berharap, siapapun pengganti Agus Martowardojo akan membawa Bank Mandiri terus berkembang karena pondasi sistem dan semangat serta budaya kerja telah terbangun selama lima tahun terakhir.

"Kita akan upayakan sebaik-baiknya bahwa bank ini akan terus berkembang sesuai harapan Pak Agus, ia telah mempersiapkan pondasinya sistemnya budaya kerja yang cukup kuat sehingga mudah-mudahan walaupun Pak Agus tidak bersama kita lagi, kita akan tetap tumbuh dan berkembang," ujarnya.

Menurut dia, calon dari lingkungan eksternal maupun internal nantinya sama-sama dapat memberikan nilai positif bagi Bank Mandiri.

"Kalau dari sisi itu, internal lebih tahu budaya perusahaan dan semangat kerja, mungkin dari luar membawa sesuatu yang positif," ujarnya.

Zulkifli Zaini merupakan salah satu calon untuk menjadi Direktur Utama Bank Mandiri selain Riswinandi yang saat ini menjabat Wakil Direktur Utama, dan Pahala N Mansyuri yang saat ini menjabat Executive Vice Presiden Coordinator Finance & Strategic and Chief Finance Officer.

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi untuk sementara ini akan menjalankan tugas-tugas Direktur Utama Bank Mandiri.

Sebelumnya, Menteri BUMN Mustafa Abubakar mengatakan, calon Dirut Mandiri pengganti Agus Martowardoyo, akan ditetapkan pada 5 Juli 2010 bertepatan dengan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

"Seleksi terhadap tiga calon Dirut Mandiri sudah selesai. Nama-nama sudah masuk ke Tim Penilai Akhir (TPA)," kata Mustafa.

Menurut Mustafa, nama calon diusulkan oleh Komisaris Mandiri kepada Kementerian BUMN selaku kuasa pemegang saham, yang disampaikan kepada TPA.

Ia tidak menyebutkan nama-nama yang masuk seleksi. Mustafa hanya menjelaskan, dari tiga orang yang terjaring, dua di antaranya berasal dari internal Mandiri, sedangkan seorang lagi dari kalangan perbankan swasta.

"Satu nama dari eksternal Mandiri kita jaring dari CEO bank swasta terkemuka," katanya.

(T.S034/A039/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010