Dubai (ANTARA News/Reuters) - Perompak Somalia telah membajak sebuah kapal penangkap ikan Yaman dan membawanya jauh ke laut, yang mengindikasikan bahwa perompak mungkin akan menggunakan kapal itu untuk melancarkan serangan terhadap kapal lainnya.

Penjaga pantai Yaman mengatakan, perompak Somalia menangkap kapal penangkap ikan itu dan sembilan anggota awaknya di lepas pantai selatan Yaman ketika kapal itu sedang menuju ke pelabuhan Mukalla, menurut pernyataan kementerian dalam negeri Yaman di situs Internetnya.

Pernyataan itu menjelaskan, perompak membajak kapal itu di 130 mil laut di selatan pulau Socotra, Yaman.

Mereka tidak menuju ke pantai Somalia, yang berarti mungkin perompak akan menggunakan kapal itu untuk menyerang kapal niaga yang melewati pulau Socotra.

Angkatan laut internasional yang mematroli Lautan Hindia menyatakan bahwa perompak telah memperluas wilayah serangan mereka, dengan membajak kapal-kapal lebih kecil untuk digunakan sebagai kapal induk.

Pembajakan menawarkan alternatif yang menguntungkan pada banyak pihak di Somalia yang miskin, yang sedang memerangi perlawanan gerilyawan Islam.

Perompak Somalia bersenjata berat telah meningkatkan serangan mereka dalam beberapa bulan belakangan ini, yang menghasilkan puluhan juta dolar uang tebusan dari pembajakan kapal di Lautan Hindia dan Teluk Aden.
(S008/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010