Kota Gaza (ANTARA News/AFP) - Enam warga Palestina tewas dan 12 orang yang lain terluka ketika sebuah terowongan penyelundupan di Gaza ambruk setelah kaleng-kaleng gas selundupan meledak, Sabtu.

Ledakan itu terjadi ketika kaleng-kaleng tersebut diselundupkan melalui terowongan di bawah perbatasan Mesir dengan Jalur Gaza yang diperintah-Hamas, kata beberapa dokter dan saksi.

Ledakan itu, menurut mereka, menyebabkan terowongan ambruk, dan satu orang yang terluka dalam keadaan kritis. Laporan sebelumnya mengatakan dua warga Palestina tewas dan 11 orang yang lain terluka.

Wilayah miskin dari 1,5 juta orang itu sebagian besar mengandalkan pada jaringan terowongan yang sangat luas tersebut sejak Israel dan Mesir menutup Gaza bagi semua kecuali barang yang mereka katakan sebagai bantuan sangat penting setelah gerilyawan Hamas merebut kekuasaan Juni 2007.

Sebagian besar terowongan itu digunakan untuk membawa masuk barang-barang pokok seperti pangan, kebutuhan rumahtangga dan ternak. Hamas dan kelompok gerilyawan lainnya, menurut laporan, menggunakan terowongan mereka sendiri yang lebih rahasia untuk memasukkan senjata dan uang.

Lebih dari 130 warga Palestina tewas akibat terowongan runtuh atau tewas karena operasi militer Israel yang ditujukan ke terowongan sejak pengambialihan kekuasaan oleh Hamas, menurut petugas medis. (S008/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010