AsiaNet 87159

Qingdao, China, 10 Desember 2020 (Antara/Xinhua-AsiaNet) - Baru-baru ini, Zhang Jiandong, direktur jenderal Administrasi Kelautan Provinsi Shandong, mengatakan pada konferensi pers yang digelar oleh Kantor Penerangan Pemerintah Rakyat Provinsi Shandong bahwa pada tahun 2019, total nilai hasil laut Shandong mencapai 1,46 triliun yuan, terus menempati peringkat kedua di China, menyumbang 16,3% dari jumlah total China. Di sektor kelautan Shandong, skala perikanan laut, industri biomedis kelautan, industri garam laut, industri tenaga listrik laut, dan industri transportasi laut semuanya menduduki peringkat pertama di China.

Zhang mengatakan bahwa industri biomedis kelautan adalah salah satu industri berkembang strategis yang paling menjanjikan di China. Selama periode Rencana Lima Tahun ke-13 (2016-2020), Provinsi Shandong telah meningkatkan penelitian dan pengembangan (litbang) obat-obatan kelautan yang inovatif, mendirikan "Dana Pengembangan Bank Obat Biru China" dengan total skala 5 miliar yuan, mendirikan Pusat Inovasi Industri Manufaktur Obat-obatan Kelautan Shandong, dan membangun enam platform litbang produk untuk obat-obatan kelautan modern, pengobatan kelautan China modern, dll. GV971, obat baru China untuk penyakit Alzheimer yang dikembangkan secara mandiri oleh tim akademisi Guan Huashi, telah disetujui dan dipasarkan, menjadi obat laut ke-14 di dunia dan ke-2 di China. Qingdao telah membangun basis industri produk biologi rumput laut terbesar di dunia, dan kapasitas produksi alginatnya menempati urutan pertama di dunia. Yantai Dongcheng Pharmaceutical Group Co., Ltd. telah menjadi produsen bahan baku kondroitin sulfat terbesar di dunia dan satu-satunya pemasok domestik injeksi kondroitin sulfat.

"Kami akan melipatgandakan upaya kami untuk mengembangkan peralatan canggih dan mendorong pengembangan kelautan untuk bergerak menuju laut dalam," kata Zhang, seraya menambahkan bahwa industri manufaktur peralatan teknik kelautan adalah industri strategis baru dalam sistem industri kelautan Shandong. Dalam lima tahun terakhir, Shandong telah mempercepat pengembangan industri manufaktur peralatan teknik kelautan kelas atas, dan pada awalnya membangun tiga basis manufaktur kelautan utama untuk pembangunan dan perbaikan kapal, industri berat kelautan, dan manufaktur peralatan minyak lepas pantai. Jiaolong, Xiangyanghong 01, Kexue, Hailong, Qianlong dan peralatan laut dalam lainnya dengan hak kekayaan intelektual independen telah digunakan, yang secara efektif memperluas dan memperdalam pembangunan kelautan. Blue Whale 1 dan Blue Whale 2, rig pengeboran semisubmersible laut ultra dalam yang dirancang dan dibangun secara independen oleh CIMC Raffles telah berhasil melakukan tugas uji coba produksi es yang mudah terbakar di Laut China Selatan, membawa eksplorasi serta kapasitas pengembangan minyak dan gas laut dalam China ke peringkat maju dunia.

Selain itu, industri transportasi laut telah menjadi industri penopang penting dalam pembangunan sistem industri kelautan modern di Shandong. Dengan memperkuat pengembangan darat dan laut terkoordinasi dan mengintegrasikan sumber daya pelabuhan pesisir, Shandong telah membentuk Shandong Port Group, sehingga membentuk pola pengembangan kelompok pelabuhan pesisir dengan Pelabuhan Qingdao, Pelabuhan Yantai dan Pelabuhan Rizhao sebagai inti dan Pelabuhan Weihai, Pelabuhan Weifang, Pelabuhan Dongying, Pelabuhan Binzhou dan pelabuhan regional penting lainnya sebagai pelengkap, membuka navigasi dengan lebih dari 700 pelabuhan di lebih dari 180 negara dan wilayah di dunia. Pada tahun 2019, hasil kargo pelabuhan pesisir di provinsi ini mencapai 1,61 miliar ton, dan hasil peti kemas 31 juta TEU, total dari dua peringkat kedua di provinsi pesisir China. Proyek tahap I dan tahap II dari terminal serba otomatis terkemuka dunia di Pelabuhan Qingdao telah rampung dan dioperasikan. Pelabuhan Qingdao juga meraih gelar kehormatan "National Green Port" dan "2019 Asia Pacific Green Port".

Sumber: Kantor Penerangan Pemerintah Rakyat Provinsi Shandong

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2020