Istanbul (ANTARA News) - Pembalap McLaren Lewis Hamilton merayakan kemenangan pertama dia pada musim Formula Satu kali ini dengan menjadi juara di Turki, Minggu, setelah pesaingnya, para pembalap Red Bulls saling menyingkirkan ke luar lintasan saat memimpin di posisi satu-dua.

Dalam akhir yang dramatis dalam balapan di Istanbul Park itu, pemimpin klasemen kejuaraan Mark Webber dan rekan setimnya di tim Red Bulls, Sebastian Vettel, bertabrakan saat balapan tersisa 18 putaran lagi saat memimpin di posisi satu-dua dan memberi hadiah bagi McLaren untuk menggantikan mereka di posisi satu-dua saat finis.

Kemenangan Hamilton tersebut mengakhiri perjalanan sembilan balapan tanpa terlihat di puncak podium dan kemenangan terakhir pembalap berusia 25 tahun itu terjadi di Singapura September lalu saat dia masih juara.

Namun persaingan di McLaren juga terlihat membahayakan dengan Hamilton dan rekan setimnya yang juga juara bertahan Jenson

Button bersaing keras memperebutkan tempat pertama.

Button akhirnya mencapai finis 2,6 detik di belakang Hamilton dan menempati posisi kedua.

Pembalap Australia Webber, yang sedang unggul dalam upaya untuk mencatat kemenangan ketiganya secara beruntun dengan menempati posisi pertama dalam start, harus puas di posisi ketiga untuk memperbesar keunggulannya di puncak klasemen menjadi lima poin atas Button.

Webber memimpin klasemen dengan total poin 93, sementara duet McLaren menaikkan posisinya dalam klasemen dengan Button di posisi kedua dengan 88 poin dan Hamilton di posisi ketiga dengan 84 poin.

Nasib sial dialami Vettel, pembalap Jerman berusia 22 tahun memulai balapan dengan poin yang sama dengan Webber di puncak klasemen, tapi harus membayar mahal saat dia berupaya menyalip Webber yang asal Australia itu di dalam putaran ke-40.

Dua mobil itu bertabrakan, ban belakang kanan Vettel kempis, mobilnya memutar dan tidak bisa melanjutkan balapan, sementara Webber keluar lintasan namun bisa melanjutkan kembali balapan sampai akhir.

Vettel kini turun ke posisi kelima dalam klasemen dengan selisih 15 poin di bawah Webber.

Michael Schumacher di tim Mercedes mencapai finis di posisi keempat, dengan selisih 31,1 detik dari Hamilton, sementara rekan setimnya Nico Rosberg yang juga asal Jerman di posisi kelima.

Pembalap Polandia Robert Kubica di posisi keenam bagi tim Renault dan Felipe Massa memberi Ferrari sejumlah poin, setidaknya untuk balapapan grand prix ke-800 mereka, dengan berada di posisi ketujuh, di depan rekan setimnnya yang asal Spanyol dan juara dunia dua kali Fernando Alonso.(*)

Reuters/I015/Z002

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010