Jakarta (ANTARA News) - Kelompok yang mengaku sebagai Forum Silaturahmi "Facebookers" (laman jejaring sosial di internet) Indonesa akan berdemonstrasi pada saat sidang putusan gugatan praperadilan yang diajukan oleh pihak Komjen Pol Susno Duadji.

Menurut informasi dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya di Jakarta, Senin pagi, forum tersebut dijadwalkan akan menggelar unjuk rasa di depan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada sekitar pukul 09.00 WIB.

Selain Forum "Facebookers", kelompok lainnya yang akan berdemo pada saat sidang praperadilan tersebut adalah Majelis Mudzakaroh, Solidaritas Nasional Anti Makelar Kasus, Majelis Laskar Langit, serta Komite Aksi Mahasiswa Pemuda untuk Reformasi dan Demokrasi.

Gugatan praperadilan dilayangkan pihak kuasa hukum Susno antara lain karena mereka menilai penangkapan Susno hanya didasarkan pada satu alat bukti yaitu pengakuan Sjahril Djohan sehingga tidak memenuhi ketentuan sebagaimana yang diamanatkan oleh Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

Sidang praperadilan yang telah dimulai sejak tanggal 24 Mei itu kerap dipenuhi oleh para pengunjuk rasa yang terbagi atas mereka yang pro dan mereka yang anti-Susno.

Unjuk rasa yang dilakukan di depan PN Jaksel tersebut juga kerap menghambat dan memacetkan arus lalu lintas di Jalan Ampera Raya, Cilandak.

Selain di depan PN Jaksel, aksi unjuk rasa lainnya di ibukota juga dijadwalkan terjadi di Apartemen Senayan Bangkit, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Mahkamah Konstitusi (MK), Mabes Polri, dan Kementerian Pendidikan Nasional.

Terdapat pula agenda aksi damai oleh Komisi Nasional Pengadilan Tembakau di Bundaran HI, Jakarta Pusat.(M040/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010