Korsel laporkan 950 kasus COVID-19 baru, kenaikan harian tertinggi

Korsel laporkan 950 kasus COVID-19 baru, kenaikan harian tertinggi

Para pejalan kaki dengan memakai masker dan payung berjalan saat hujan di pusat kota Seoul, Korea Selatan, Kamis (19/11/2020), di tengah pandemi virus corona (COVID-19) . (ANTARA FOTO/REUTERS/Heo Ran/NZ/djo/am.)

Seoul (ANTARA) - Korea Selatan melaporkan 950 kasus COVID-19 baru pada Jumat tengah malam, jumlah harian tertinggi sejak puncak kasus yang dilaporkan pada 29 Februari sebanyak 909, Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) mengatakan pada hari Sabtu.

Dari kasus baru, 928 ditularkan secara lokal dan 22 diimpor, sehingga total menjadi 41.736 infeksi, dengan 578 kematian.

Lebih dari 70 persen kasus yang ditularkan di dalam negeri berasal dari Seoul dan daerah sekitarnya.

Terlepas dari aturan jarak sosial yang lebih ketat yang mulai berlaku pada hari Selasa, termasuk jam malam yang belum pernah terjadi sebelumnya di restoran dan sebagian besar bisnis lainnya, Korea Selatan menderita gelombang ketiga wabah virus corona.

Kasus baru secara konsisten terjadi sekitar 600 kasus selama seminggu terakhir.

Lonjakan tersebut telah menjadi pukulan bagi sistem pemberantasan pandemi kebanggaan Korea Selatan yang berhasil menggunakan pelacakan invasif, pengujian, dan karantina untuk menghindari penguncian dan menumpulkan gelombang sebelumnya, dan menjaga infeksi di bawah 50 per hari selama sebagian besar musim panas.

Menyebut gelombang saat ini sebagai krisis kritis, Perdana Menteri Chung Sye-kyun mengatakan pada hari Jumat bahwa dia akan mengirim sekitar 800 petugas militer, polisi dan pemerintah di setiap distrik di wilayah Seoul yang lebih besar untuk membantu melacak pasien potensial.

Sumber : Reuters

Baca juga: Brazil pelajari 58 kasus infeksi berulang COVID-19

Baca juga: Penasihat Biden: tidak ada pesta Natal karena COVID-19

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jateng waspada lonjakan kasus COVID-19 dan varian baru dari India

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar