Beijing (ANTARA) - Saham-saham China berakhir naik tajam pada perdagangan Kamis, rebound dari penurunan sehari sebelumnya didukung sektor kesehatan, kebutuhan pokok konsumen, dan keuangan, di tengah optimisme investor atas pemulihan cepat di ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Indikator utama pasar saham China, Indeks Komposit Shanghai melonjak 1,13 persen menjadi ditutup pada 3.404,87 poin. Sementara itu, Indeks Komponen Shenzhen yang melacak saham-saham di bursa kedua China terangkat 1,01 persen menjadi berakhir di 13.889,87 poin.

Nilai transaksi gabungan saham-saham yang mencakup kedua indeks utama China mencapai 756,9 miliar yuan (sekitar 115,8 miliar dolar AS), meningkat dari 701 miliar yuan (sekitar 107 miliar dolar AS) pada penutupan perdagangan sehari sebelumnya.

Saham-saham perawatan kesehatan adalah pemain paling menonjol, dengan sub-indeks sektor ini melambung 3,27 persen, didukung oleh lonjakan 8,42 persen pada saham Jiangsu Hengrui Medicine Co Ltd.

Saham-saham yang terkait dengan logam non-besi, pengiriman dan sektor sekuritas juga memimpin kenaikan, dengan China Molybdenum Co Ltd naik 10,11 persen menjadi 5,12 yuan per saham, dan Ningbo Marine Co Ltd melonjak 10,14 persen menjadi 3,8 yuan per saham.

Sementara itu, indeks ChiNext yang melacak saham-saham perusahaan sedang berkembang di papan bergaya Nasdaq China, terkerek 0,90 persen menjadi mengakhiri perdagangan pada 2.785,62 poin.

Baca juga: Saham China dibuka bervariasi setelah turun sehari sebelumnya

Baca juga: Saham China ditutup sedikit lebih rendah terseret sektor teknologi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020