Jakarta (ANTARA) - Tim Haas Formula 1 pada Rabu menyatakan tetap mempertahankan rekrutan baru Nikita Mazepin sebagai pebalap mereka tahun depan menyusul hasil diskusi internal terkait insiden pengunggahan video tak pantas oleh sang pebalap Rusia itu.

Awal bulan ini, tim asal Amerika Serikat itu mengutuk kelakuan Mazepin di media sosial yang mengunggah video yang memperlihatkan seorang perempuan digerayangi di dalam mobil.

Baca juga: Mereka yang menang dan kalah di Formula 1 musim 2020
Baca juga: Tsunoda ingin buat gebrakan dengan gaya membalapnya ketika debut di F1


"Tim Haas F1 ingin menegaskan bahwa Nikita Mazepin dan Mick Schumacher akan mengisi susunan pebalap kai untuk Kejuaraan Dunia FIA Formula 1 2021," demikian pernyataan tim Haas lewat Twitter.

"Terkait pernyataan sebelumnya dari tim terkait tindakan Nikita Mazepin (Desember 9) - hal ini telah ditangani secara internal dan tidak akan ada komentar lanjutan."

Mazepin, putra dari juragan pupuk dan bilyuner Rusia, telah meminta maaf lewat Twitter atas tindakan tak pantasnya dan mengunggah video tersebut.

Pebalap berusia 21 tahun itu menyelesaikan musim Formula 2 di peringkat lima klasemen, cukup untuk mendapatkan lisensi super untuk bertarung di F1.

Dia juga mendapat 11 poin penalti sepanjang tahun ini, menyisakan ruang satu poin sebelum terkena larangan satu balapan, demikian Reuters.

Baca juga: Albon curhat setelah 'ditendang' Red Bull, incar bangku di F1 2022
Baca juga: Musim balapan Formula 1 yang aneh dalam retrospeksi

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2020