KAI Purwokerto buka layanan tes cepat antigen di Stasiun Kebumen

KAI Purwokerto buka layanan tes cepat antigen di Stasiun Kebumen

Ilustrasi - Layanan tes cepat antigen di Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas. ANTARA/HO-KAI Purwokerto

Biaya 'rapid test' antigen di stasiun adalah sebesar Rp105 ribu
Purwokerto (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto membuka layanan tes cepat  antigen di Stasiun Kebumen, Jawa Tengah, mulai 29 Desember 2020.

"Untuk tahap awal, layanan rapid test antigen dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB. Selanjutnya, layanan tersebut dibuka seperti biasa pada pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB," kata Manajer Humas PT KAI Eko Budiyanto di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa.

Ia mengatakan dibukanya layanan tes cepat antigen di Stasiun Kebumen ditujukan untuk memberi kemudahan kepada calon penumpang dari wilayah Kebumen dan sekitarnya dalam memenuhi salah satu persyaratan menggunakan jasa kereta api jarak jauh.

Baca juga: KAI Purwokerto sediakan layanan tes antigen bagi penumpang kereta

Selain harus mematuhi protokol kesehatan, kata dia, pengguna jasa kereta api juga wajib melaksanakan tes cepat antigen sebagaimana ketentuan Satgas Penanganan COVID-19.

"Kami berharap masyarakat Kebumen dan sekitarnya untuk memanfaatkan kemudahan layanan rapid test antigen yang disediakan oleh PT KAI Daop 5 Purwokerto," katanya.

Baca juga: KAI Purwokerto siagakan petugas ekstra hadapi Natal dan Tahun Baru

Ia mengatakan dengan dibukanya layanan tes cepat antigen di Stasiun Kebumen, saat ini di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto telah ada empat stasiun yang menyediakan pelayanan tersebut.

Sebelumnya, kata dia, layanan tes cepat antigen di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto yang terselenggara atas sinergi BUMN antara PT KAI (Persero) dan Rajawali Nusantara Indonesia Group itu dibuka di Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya dan Stasiun Kutoarjo.

Baca juga: Hari Pahlawan, guru dan tenaga kesehatan diberi Program Gratis Naik KA

"Kami mengimbau masyarakat pengguna jasa kereta api yang akan melakukan rapid test antigen di stasiun untuk tidak mendadak agar tidak menimbulkan kerumunan. Tolong ada estimasi waktu yang longgar antara waktu rapid tes dan waktu keberangkatan kereta api supaya tidak tertinggal KA," katanya.

Eko mengatakan bagi masyarakat yang akan melaksanakan tes cepat antigen di stasiun agar tetap menjaga protokol kesehatan, yakni menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M).

Baca juga: Dinkes DIY prediksi kasus COVID-19 melonjak awal Januari 2021

Menurut dia, persyaratan yang harus dipenuhi calon penumpang yang akan melakukan tes cepat antigen di stasiun adalah sudah memiliki tiket KA jarak jauh atau kode booking pembelian tiket.

"Biaya rapid test antigen di stasiun adalah sebesar Rp105 ribu," katanya menjelaskan. 

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di NTB bertambah 53 orang

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

PT KAI Purwokerto sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar