Liga Jerman

Gol semata wayang Olmo bawa Leipzig rebut puncak klasemen

Gol semata wayang Olmo bawa Leipzig rebut puncak klasemen

Gelandang RB Leipzig Dani Olmo Dani (kedua dari kiri) merayakan gol yang dicetaknya pada pertandingan Liga Jerman melawan VfB Stuttgart yang dimainkan di Mercedes Benz Arena, Stuttgart, Sabtu (2/1/2021). ANTARA/AFP/THOMAS KIENZLE.

Jakarta (ANTARA) - Daniel Olmo mengemas gol semata wayang saat RB Leipzig menang 1-0 atas tuan rumah VfB Stuttgart, yang sekaligus membawa mereka memuncaki klasemen pada Sabtu waktu setempat atau Minggu dini hari WIB.

Leipzig kini memiliki 31 poin, unggul satu poin dari Bayern Munich yang baru memainkan 13 pertandingan. Sementara itu Stuttgart tertahan di posisi ke-11 dengan 18 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Pada pertandingan yang dimainkan di Mercedes Benz Arena tersebut, Leipzig terlihat ingin memaksimalkan kegagalan Bayer Leverkusen memetik poin penuh pada laga yang dimainkan lebih awal. Mereka mengancam melalui Angelino yang sepakannya dari tepi kotak penalti masih dapat ditepis kiper Stuttgart Gregor Kobel.

Baca juga: Bayer Leverkusen buang peluang untuk puncaki klasemen

Marcel Sabitzer juga menguji kiper tuan rumah melalui sepakan jarak jauhnya. Leipzig kemudian mendapat hadiah penalti setelah Pascal Stenzel melanggar Emil Forsberg di kotak terlarang. Namun eksekusi yang diambil sendiri oleh Forsberg dapat digagalkan kiper Kobel.

Tim tamu terus menggenggam kendali permainan, namun satu-satunya peluang bagus mereka sebelum turun minum didapat saat Sasa Kalajdzic melepaskan sepakan melebar setelah mendapat umpan dari Silas Wamangituka.

Pertandingan berlangsung dengan pola serupa pada babak kedua, dan Amadou Haidara hampir memecah kebuntuan saat ia mendapat umpan terobosan dari Kevin Kampl. Sayang sepakannya masih melebar.

Leipzig baru mampu mengemas gol pada menit ke-67. Umpan silang Angelino dari sisi kiri melewati Stenzel dan jatuh ke penguasaan Olmo. Pemain Spanyol itu kemudian melepaskan sepakan voli yang menembus gawang tuan rumah.

Haidara hampir menggandakan keunggulan timnya, namun kiper Kobel kembali mampu menggagalkannya. Satu peluang bagus didapat Stuttgart dari sepakan Waldemar Anton, namun kiper Peter Gulacsi menggagalkan peluang itu sekaligus memastikan gawangnya tidak kemasukan sama sekali pada laga itu.

Baca juga: Hertha perpanjang penderitaan Schalke

Susunan pemain:

VfB Stuttgart (3-5-2): Gregor Kobel, Pascal Stenzel (Konstantinos Mavropanos 75'), Waldemar Anton, Marc-Oliver Kempf (Mateo Klimowicz 83'), Silas Wamangituka, Orel Mangala, Wataru Endo, Gonzalo Castro (Philipp Foerster 75'), Borna Sosa, Sasa Kalajdzic (Tanguy Coulibaly 58'), Nicolas Gonzalez
Pelatih: Pellegrino Matarazzo

RB Leipzig (3-4-2-1): Peter Gulacsi, Willi Orban, Dayot Upamecano, Marcel Halstenberg, Tyler Adams (Lukas Klostermann 81'), Marcel Sabitzer, Kevin Kampl (Yussuf Poulsen 66'), Angelino, Amadou Haidara, Daniel Olmo, Emil Forsberg (Alexander Sorloth 73')
Pelatih: Julian Nagelsmann

Baca juga: Kolasinac gabung Schalke dengan status pemain pinjaman
Baca juga: Schalke 04 tunjuk Christian Gross sebagai pelatih

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar