Pemprov Sulsel siap tampung pengungsi akibat gempa Sulbar

Pemprov Sulsel siap tampung pengungsi akibat gempa Sulbar

Para petugas TNI ikut dalam pencaharian korban gempa di Sulbar, Jumat,(15/1/2021).ANTARA/HO/Humas Pemprov Sulsel

Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan Prof HM Nurdin Abdullah, mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel siap membantu masyarakat Sulawesi Barat (Sulbar) yang terkena dampak gempa untuk ditampung di Kota Makassar.

Nurdin Abdullah mengatakan bantuan dari Dirut Garuda, armada yang bisa digunakan untuk semua tim medis untuk ke lokasi tersebut. Begitu juga kalau ada yang harus dievakuasi ke Makassar, Pemprov Sulsel juga sudah menawarkan.

"Kalau ada yang harus kita evakuasi ke Makassar, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sudah menyiapkan tempat, baik untuk penampungan maupun untuk perawatan," jelas Nurdin Abdullah, di tengah-tengah peninjauan di lokasi gempa Majene, Jumat.

Baca juga: YSTC siapkan bantuan untuk anak penyintas gempa Sulbar

Menurut Nurdin, sebagai saudara terdekat tentunya merasa terpanggil untuk turun langsung melihat keadaan masyarakat Sulbar yang terkena dampak gempa. Selain itu, Sulbar juga merupakan wilayah Kodam 14 Hasanuddin.

"Kami bersama Bapak Panglima Kodam 14 Hasanuddin dengan Pak Kapolda dari tadi pagi telah menerima berita gempa di Sulbar," ujarnya.

"Perintah dari Pak Danrem untuk memberikan langkah-langkah penyelamatan dan kami juga sebelum berangkat sudah menyediakan beberapa logistik yang dibawa oleh kapal angkatan laut dan juga tim medis palang merah," ujarnya.

Apalagi, kata Nurdin, selain kebutuhan sembako yang paling penting saat ini adalah tempat penampungan bagi pengungsi, terkhusus bagi masyarakat yang tinggal di pesisir pantai.

Baca juga: Pemkab Sigi segera kirim logistik untuk penyintas gempa Sulbar

"Jujur setelah kita ada di sini melihat berbagai situasi yang ada, memang yang pertama yang sangat dibutuhkan adalah tempat penampungan, karena bagaimanapun juga berita-berita dari BMKG bahwa akan ada beberapa susulan yang lebih besar dari sekarang dan kemungkinan akan diikuti oleh tsunami," ujarnya.

Ia berharap, masyarakat yang berada di pesisir supaya mengosongkan rumah.

"Saya kira hari ini juga Pak Doni Monardo ada di sini, Ibu Menteri Sosial. Mudah-mudahan ini akan meringankan cobaan daripada masyarakat Sulbar yang terkena dampak gempa," tutupnya.

Baca juga: Mengenal Sesar Naik Mamuju-Majene, penyebab gempa Sulbar
Baca juga: Polda Sulteng kirim tim medis dan Ambulance bantu korban gempa Sulbar
Baca juga: Seorang korban gempa Mamuju berhasil dievakuasi

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

53 ton bantuan kemanusiaan dari warga Babel bagi korban gempa Sulbar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar