Pemprov dorong daerah di Kalteng bantu penanganan banjir Kalsel

Pemprov dorong daerah di Kalteng bantu penanganan banjir Kalsel

Sekda Kalteng Fahrizal Fitri didampingi Plt Kepala BPBPK Darliansjah memberangkatkan tim dan bantuan logistik menuju Kalsel dalam rangka penanganan bencana banjir di Palangka Raya, Ahad (17/1/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mendorong pemerintah kabupaten dan kota maupun pihak lainnya di wilayah setempat, turut berpartisipasi membantu penanganan bencana banjir di wilayah Kalimantan Selatan.

"Selain mengirimkan tim maupun bantuan dari pemprov, kami juga mendorong pemerintah kabupaten dan kota di Kalteng bisa berpartisipasi membantu penanganan bencana banjir di Kalsel," kata Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri di Palangka Raya, Ahad.

Khususnya kabupaten-kabupaten di Kalteng yang berbatasan dengan Kalsel, agar turut berpartisipasi dalam gerakan ini.

Menurutnya saat ini pemprov telah menerima laporan bahwa sejumlah tim dari kabupaten mulai bergerak menuju Kalsel, baik dari Barito Utara hingga Kotawaringin Timur.

Baca juga: Kalteng kirim bantuan sembako hingga dapur umum ke Kalsel

Baca juga: Kopaska dan Dislambair Koarmada II bantu penanganan banjir di Kalsel


"Tentu ini sebagai bentuk kepedulian untuk membantu saudara-saudara kita yang berada di Kalsel, agar bisa kembali pulih," ungkapnya.

Bantuan-bantuan yang dikirimkan tersebut merupakan bantuan mendasar, agar masyarakat korban bencana banjir di Kalsel tidak mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Lebih lanjut Fahrizal mengatakan apabila nantinya memang masih diperlukan dukungan berupa bantuan lainnya, baik logistik maupun tambahan personel, jika memungkinkan tentu akan kembali dilakukan dalam rangka penanggulangan bencana banjir tersebut.

Seperti diketahui bersama, bencana banjir melanda sejumlah daerah di wilayah Kalsel, baik Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura, Barabai dan lainnya.

Adapun bantuan yang Kalteng kirimkan, diantaranya logistik berupa sembako dan sandang sebanyak 2.300 paket, dua unit dapur umum, air bersih hingga akan mendirikan posko untuk memudahkan koordinasi disana.

Sebelum diberangkatkan menuju Kalsel, tim maupun bantuan tersebut terlebih dulu dikumpulkan di Kantor Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) Kalteng yang berada di Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya.

Setelah dilakukan pengecekan oleh Sekda Fahrizal Fitri bersama Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Kalteng Darliansjah dan jajaran, maka tim dan bantuan tersebut diberangkatkan langsung menuju Kalsel, sesuai titik tuju yang telah ditentukan sebelumnya.*

Baca juga: Jembatan Mataraman kembali putus jalur Trans Kalsel-Kaltim lumpuh

Baca juga: Lima orang tewas akibat tanah longsor di Tanah Laut

Pewarta: Kasriadi/Norjani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Polda Kalteng distribusikan sembako dan alat evakuasi untuk korban banjir Kalsel

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar