Liga Belanda

Ajax menang tipis atas Feyenoord dalam derbi De Klassieker

Ajax menang tipis atas Feyenoord dalam derbi De Klassieker

Pemain Ajax Nicolas Tagliafico saat melepaskan tendangan di antara hadangan bek Feyenoord kala keduanya bertemu dalam derbi De Klassieker, Minggu (17/1/2021). ANTARA/Pro Shots/Sipa USA via Reuters.

Jakarta (ANTARA) - Ajax Amsterdam menang tipis atas Feyenoord 1-0 berkat gol tunggal Ryan Gravenberch dalam derbi De Klassieker yang berlangsung di Stadion Johan Cruijff Arena pada Minggu WIB.

Hasil ini menegaskan dominasi Ajax terhadap rivalnya tersebut dengan kemenangan tujuh kali dari 10 pertemuan terakhirnya di liga domestik. Sementara Feyenoord hanya bisa menang sekali dan sisanya berakhir imbang.

Raihan tiga angka tersebut membawa Ajax kembali memperlebar selisih menjadi tiga angka dari Vitesse yang menghuni posisi dua dengan koleksi 38 poin.

Baca juga: Ajax kokohkan posisi puncak selepas pecundangi Twente

Adapun bagi Feyenoord hasil ini membuat mereka berada di urutan empat dengan raihan 35 poin, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Di awal-awal laga kedua tim tak langsung menampilkan permainan terbuka dan lebih banyak menunggu hingga ada salah satu pemain membuat kesalahan. Di samping itu, lini barisan keduanya bermain disiplin sehingga sulit memasuki kotak penalti.

Peluang pertama baru tercipta saat laga memasuki menit ke-17. Sundulan Nicolas Tagliafico menerima umpan tendangan sudut Dusan Tadic melebar tipis di atas mistar gawang Feyenoord yang dijaga Nick Marsman.

Baca juga: Feyenoord alami kekalahan perdana musim ini di tangan Vitesse

Hanya berselang lima menit, Ajax kembali menciptakan peluang yang mampu dikonversi menjadi gol. Aksi Ryan Gravenberch yang mengelabui pemain bertahan Feyenoord di akhiri lewat sepakan kaki kiri yang sulit dijangkau kiper.

Feyenoord mencoba membalas gol tersebut melalui serangan balik cepat. Sayang, sepakan Ridgeciano Haps masih terlalu lemah dan bisa dipeluk kiper Andre Onana.

Pasukan Dick Advokaat itu kembali mendapat peluang pertamanya di babak kedua melalui Steven Berghuis. Namun bola hasil tendangannya hanya menyamping tipis di sisi kanan gawang Onana.

Di penghujung laga, Feyenoord hampir saja bisa memaksa kedudukan kembali imbang, jika saja sundulan Luis Sinisterra tak membentur mistar gawang. Peluang itu menjadi yang terakhir dan skor 1-0 untuk kemenangan Ajax tetap bertahan.

Pada pekan berikutnya, Ajax cenderung akan menghadapi tim lemah Fortuna Sittard pada Minggu (24/1), sementara Feyenoord akan kembali diuji oleh AZ Alkmaar dalam laga yang lebih larut.

Baca juga: Duel kiblat sepak bola Belanda antara Ajax vs PSV berakhir imbang 2-2
Baca juga: Klasemen Liga Belanda: Ajax tutup 2020 sebagai pemuncak

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar