Jakarta (ANTARA) - Ajax mengokohkan posisi mereka di puncak klasemen sementara Liga Belanda selepas mempecundangi Twente dengan skor 3-1 dalam laga pekan ke-16 di Stadion De Grolsch Veste, Enschede, Belanda, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Pemain pinjaman Sebastien Haller mencetak gol perdananya di Liga Belanda untuk membawa Ajax memimpin tujuh menit selepas sepak mula dengan menanduk umpan silang Antony Matheus.

Keunggulan Ajax bertahan hingga turun minum dan dua menit memasuki babak kedua Queensy Menig berhasil menjebol gawang tim tamu, sebelum gol itu dianulir oleh wasit Pol van Boekel selepas berkonsultasi dengan VAR.

Keunggulan Ajax akhirnya raib pada menit ke-84 saat Julio Pleguezuelo berhasil melakukan sontekan jarak dekat dalam situasi sepak pojok.

Baca juga: PSV dipecundangi AZ Alkmaar 1-3 sekaligus gagal geser Ajax dari puncak

Dua poin yang hampir tergelincir dari tangan Ajax berhasil diamankan kembali berkat sebuah keputusan penting Erik ten Hag yang mengirim penyerang gaek Klaas-Jan Huntelaar masuk menggantikan Ryan Gravenberch semenit jelang bubaran waktu normal.

Dua menit berada di lapangan Huntelaar mencetak dua gol untuk mengunci kemenangan Ajax.

Gol pertama Huntelaar lahir dari sontekan jarak dekat kaki kirinya menyambut umpan sundulan Haller pada menit ke-90.

Lantas semenit berselang Huntelaar kembali mencetak gol kali ini dengan tendangan kaki kanannya memanfaatkan umpan dari Zakaria Labyad untuk mengunci kemenangan 3-1 atas Twente.

Baca juga: Feyenoord merangsek ke posisi dua setelah menang tipis atas Zwolle

Kemenangan itu membuat Ajax kini mengoleksi 38 poin di puncak klasemen atau unggul tiga poin atas Feyenoord (35) yang baru naik ke posisi kedua, sedangkan Twente (27) di urutan ketujuh, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Dalam pertandingan lain yang berlangsung lebih awal Heerenveen ditahan imbang tamunya RKC Waalwijk dengan skor 1-1 di Stadion Abe Lenstra.

Sedangkan di laga yang berlangsung lebih larut, Groningen memetik kemenangan 3-2 di kandang Willem II.

Baca juga: Duel kiblat sepak bola Belanda antara Ajax vs PSV berakhir imbang 2-2
Baca juga: Vitesse bungkam Heracles 2-0, Alkmaar ditahan seri Zwolle

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021