Jakarta (ANTARA) - PSV Eindhoven secara mengejutkan dipecundangi AZ Alkmaar 1-3 di kandangnya sendiri dalam laga pekan ke-16 pada Rabu waktu setempat (Kamis WIB), sekaligus membuat mereka gagal merebut puncak klasemen Liga Belanda dari tangan Ajax.

Tim besutan Roger Schmidt harus turun satu peringkat ke posisi tiga dengan 34 poin atau terpaut satu angka dari Ajax dan Vitesse. PSV juga berpotensi disalip Feyenoord yang bermain lebih larut.

Sementara bagi AZ, kemenangan itu membawa mereka kokoh di posisi lima dengan koleksi 31 poin dan secara perlahan ikut ambil bagian dalam perebutan posisi puncak bersama empat tim lainnya, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Baca juga: Duel kiblat sepak bola Belanda antara Ajax vs PSV berakhir imbang 2-2

Kendati bermain di Stadion Philips serta dengan penguasaan bola hingga 60 persen, PSV gagal meraih poin penuh.

Buruknya penyelesaian akhir menjadi pekerjaan rumah Schmidt, setelah dari 14 percobaan tendangan hanya tiga yang menemui sasaran.

AZ yang tampil bertahan justru efektif dalam menyelesaikan peluang. Dari empat tendangan tepat sasaran, tiga di antaranya berbuah gol.

Gol pembuka AZ tercipta saat laga sudah setengah jam berjalan melalui gol penalti Teun Koopmeiners.

Myron Boadu berakselerasi ke dalam kotak penalti, namun ia dijatuhkan oleh kiper Yvon Mvogo. Koopmeiners yang menjadi algojo mengeksekusinya bola dari titik putih dengan sempurna.

Baca juga: Feyenoord menangi derbi Rotterdam usai taklukkan Sparta 2-0

Berselang hanya delapan menit selepas gol tersebut, Koopmeiners kembali mencatatkan namanya di papan skor.

Gol keduanya ini tergolong indah. Berawal dari tendangan pojok, bola mengarah langsung ke Koopmeiners dan diselesaikan melalui sontekan tumit.

PSV yang sejak awal bermain agresif tak mengendorkan serangan.

Olivier Boscagli hampir saja memperkecil kedudukan, sayang sepakannya dari dalam kotak penalti melenceng tipis di atas mistar gawang Marco Bizot.

Kerja keras PSV baru terbayar pada babak kedua ketika tendangan bebas Philipp Max di dekat kotak penalti meluncur mulus dan membuat Bizot termenung tanpa bisa berkutik.

Alih-alih memaksa kedudukan kembali imbang, PSV harus memungut bola untuk ketiga kalinya di pengujung laga.

Umpan matang Koopmeiners mampu disambar Calvin Stengs untuk membuat kedudukan menjadi 3-1.

Pada pertandingan berikutnya, PSV akan bertandang ke markas Sparta Rotterdam pada Sabtu (16/1), sementara AZ Alkmaar akan kedatangan tamu ADO Den Haag pada hari yang sama.

Baca juga: Vitesse bungkam Heracles 2-0, Alkmaar ditahan seri Zwolle
Baca juga: Feyenoord umumkan Arne Slot pengganti Dick Advocaat di musim depan
Baca juga: Pemain Ajax Quincy Promes ditahan atas kasus penusukan

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021