PM Suga sebut Jepang akan lindungi sistem kesehatan untuk lawan COVID

PM Suga sebut Jepang akan lindungi sistem kesehatan untuk lawan COVID

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga didampingi istrinya, Mariko, melambaikan tangan ketika akan bertolak menuju Vietnam dan Indonesia di Haneda International Airport, Tokyo, Minggu (18/10/2020). Suga mengikuti jejak Shinzo Abe, di mana kedua negara itu juga menjadi negara pertama yang dikunjungi setelah dilantik sebagai Perdana Menteri Jepang. ANTARA FOTO/Kyodo/via REUTERS/pras.

Tokyo (ANTARA) - Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengatakan pemerintahannya akan mengambil semua tindakan yang memungkinkan untuk melindungi sistem kesehatan negara itu, saat rumah-rumah sakit tertekan akibat pandemi COVID-19.

Bulan ini, Suga mengumumkan keadaan darurat untuk Tokyo dan tiga prefektur sekitarnya dalam upaya membendung kebangkitan infeksi. Dia memperluas kedaruratan ke tujuh prefektur lain, termasuk Osaka dan Kyoto di Jepang barat.

"Yang penting adalah menyediakan layanan medis yang diperlukan kepada orang-orang yang membutuhkan. Kami akan melakukan semua langkah untuk menjaga sistem medis," kata Suga dalam pidato kebijakannya di awal sesi reguler parlemen, Senin.

"Kami semua siap mengerahkan tim medis Pasukan Bela Diri jika diminta oleh gubernur."

Jepang, meskipun tidak terlalu parah terdampak pandemi daripada banyak negara maju lainnya, telah mengalami lonjakan infeksi dalam beberapa pekan terakhir, hingga mendorong presiden Asosiasi Medis Jepang Toshio Nakagawa untuk mengatakan bahwa sistem medis negara sedang runtuh.

Wabah telah memaksa Jepang untuk menutup sebagian besar pintunya bagi orang asing dan membatasi acara berskala besar.

Total kasus virus corona di Jepang telah berlipat ganda selama enam minggu terakhir menjadi sekitar 330.000 kasus, dengan 4.525 kematian, berdasarkan laporan penyiar publik NHK.


Sumber: Reuters

Baca juga: PM Suga janji teruskan persiapan Olimpiade meskipun COVID-19 melonjak

Baca juga: Hiroshima Jepang akan gelar tes PCR berskala besar

Baca juga: Jepang larang atlet asing masuk selama keadaan darurat virus corona


 

Kunjungan perdana menteri baru Jepang ke Indonesia

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar