Mantan asisten Meghan Markle akan berikan bukti terkait kasus privasi

Mantan asisten Meghan Markle akan berikan bukti terkait kasus privasi

Meghan Markle (via REUTERS/Girl Up/The Duchess of Sussex)

Kenapa tim komunikasi Istana Kensington terlibat dalam menyusun surat?
Jakarta (ANTARA) - Empat mantan asisten senior Meghan Markle, Duchess of Sussex Inggris, siap memberikan bukti di pengadilan apakah istri Pangeran Harry itu memang menginginkan surat yang dikirim kepada ayahnya dipublikasikan.

Dilansir Reuters, istri Pangeran Harry menggugat Associated Newspapers mengenai artikel di Mail on Sunday yang memuat sebagian surat yang ditulisnya untuk sang ayah, Thomas Markle, pada Agustus 2018.

Dia meminta hakim membuat putusan tegas yang berpihak kepadanya tanpa perlu menjalani persidangan, di mana pengacara Meghan mengatakan kepada Pengadilan Tinggi bahwa mempublikasikan surat pribadi, personal, dan sensitif adalah pelanggaran privasi yang nyata.

Baca juga: "Cinta selalu menang", kata Harry dan Meghan di podcast perdana

Pihak media berargumen Meghan sebetulnya membuat surat itu dengan tujuan dipublikasikan, dan itu bagian dari strategi media, dan pihak itu mengatakan Meghan mengakui bahwa dia berdiskusi dengan sekretarisnya, Jason Knauf, mengenai surat tersebut.

Pengacara Anthony White yang mewakili surat kabar mengatakan keterlibatan pihak kerajaan dalam menulis surat itu butuh diselidiki.

"Kenapa tim komunikasi Istana Kensington terlibat dalam menyusun surat?" katanya.

Baca juga: Tulis surat untuk ayah, Meghan Markle minta nasihat bangsawan senior

Pengacara yang mewakili empat mantan asisten senior, termasuk Knauf, mengatakan mereka mempersiapkan barang bukti untuk persidangan, dan satu atau lebih dari itu akan ada di posisi yang bisa menjelaskan masalah.

Di antaranya adalah mengenai penulisan surat, apakah Meghan ingin tulisannya dipublikasikan, atau apakah dia secara langsung atau tidak langsung terlibat dalam menyediakan informasi pribadi kepada penulis biografi terbaru.

Pengacara itu, dalam surat resmi, mengatakan tidak ada yang ingin memihak dan semua kliennya berada di posisi netral.

Sidang sebetulnya akan dimulai pekan lalu, tapi ditunda hingga akhir 2021 atas permintaan Meghan dengan alasan yang dirahasiakan.

Baca juga: Pangeran Harry bahagia meski mundur dari kerajaan, kata sahabatnya

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Markle disebut berhenti pakai media sosial

Baca juga: Harapan Meghan Markle dan Pangeran Harry di tahun 2021

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar