Perikanan budi daya adalah masa depan sektor perikanan kita. Maka dari itu harus kita kembangkan. Mulai dari pembenihan hingga pembesaran, serta pakan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyatakan perikanan budi daya merupakan penopang ketahanan pangan sehingga perlu digerakkan sebagai aspek pembangunan ekonomi daerah saat pandemi.

"Perikanan budi daya diyakini mampu menghasilkan perputaran ekonomi yang luar biasa, baik untuk kebutuhan pangan maupun nilai ekonominya serta menciptakan peluang lapangan kerja," kata Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono dalam siaran pers di Jakarta, Jumat.

Selain itu, ujar dia, perikanan budi daya adalah untuk kelestarian dan kesinambungan generasi berikut.

Untuk itu, lanjutnya, bila tidak dibudidayakan maka akan habis sumber daya perikanan sehingga perlu betul-betul digerakkan baik di laut maupun di darat.

Baca juga: Menteri Trenggono genjot produktivitas sektor perikanan budi daya

"Perikanan budi daya adalah masa depan sektor perikanan kita. Maka dari itu harus kita kembangkan. Mulai dari pembenihan hingga pembesaran, serta pakan. Dan saya berharap pakan ini bisa dikembangkan antara pemerintah daerah dengan perguruan tinggi untuk mendapatkan pakan yang lebih baik," ujar Menteri KP Trenggono.

Menteri Trenggono mengajak seluruh masyarakat khususnya pembudidaya agar berbudidaya ikan secara mandiri dan berkelanjutan.

Mandiri, lanjutnya, dalam hal pembudidaya mampu memproduksi benih, dan pakan sendiri, sehingga produktivitas perikanan nasional khususnya perikanan budi daya terus meningkat meski menghadapi kondisi apa pun produksi tidak akan pernah terganggu.

Baca juga: KKP akan bangun sentra budi daya perikanan sebagai sumber ekonomi

"Kita tahu pandemi COVID-19 menerjang di semua sektor. Sementara, produksi perikanan budi daya sangat dibutuhkan baik untuk ketahanan pangan maupun untuk pembangunan ekonomi daerah serta nasional," katanya.

Dirjen Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto menyampaikan beberapa upaya strategis guna menggenjot produktivitas dan nilai tambah ikan air tawar di Indonesia antara lain pengembangan sistem perbenihan yang fokus pada produksi varian komoditas unggul yang potensial.

Kemudian pengembangan sistem produksi yang fokus pada penciptaan efisiensi produksi, pengembangan sistem kesehatan ikan dan lingkungan yang fokus pada upaya pencegahan dan penanggulangan hama penyakit, penguatan kapasitas SDM di sentral produksi, serta mendorong pengembangan sistem bisnis terintegrasi (integrated aquaculture business) di sentral produksi untuk menjamin efisiensi dan pemasaran.

Baca juga: Edhy Prabowo mengeluh tidak dapat bertemu keluarganya

 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021