Indef nilai tepat Erick Thohir jadi Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah

Indef nilai tepat Erick Thohir jadi Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah

Menteri BUMN Erick Thohir. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/aww/pri.

Saya menilai tepat terpilihnya Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah
Jakarta (ANTARA) - Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto menilai terpilihnya Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) tepat untuk mengembangkan perekonomian syariah Indonesia.

"Saya menilai tepat terpilihnya Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah," ujar Eko saat dihubungi Antara di Jakarta, Sabtu.

Menurut ekonom tersebut, kebetulan beberapa langkah dan kebijakan di Kementerian BUMN, salah satunya menyentuh aspek ekonomi syariah.

Terpilihnya Menteri BUMN Erick Thohir juga dinilai sinergis dengan beberapa rencana yang sudah dilakukan, dan mungkin ke depannya untuk mengembangkan perekonomian syariah di Indonesia.

"Yang paling terlihat adalah merger tiga bank syariah BUMN oleh Menteri BUMN Erick Thohir menjadi Bank Syariah Indonesia, sebagai bagian penting untuk bisa memulai babak baru dalam dunia perbankan Indonesia supaya bisa berkompetisi dengan model-model perbankan serta pembiayaan konvensional," kata ekonomi Indef tersebut.

Di samping itu, lanjut dia, terpilihnya Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah merupakan harapan dari para pegiat ekonomi syariah, mengingat gebrakan-gebrakan yang dilakukan oleh Menteri BUMN tersebut sebelumnya.

Kebetulan beberapa langkah dan kebijakan di Kementerian BUMN, salah satunya menyentuh aspek ekonomi syariah.

Mungkin nanti diharapkan ke depan gaungnya MES dan perekonomian syariah lebih berkembang, mengingat produk ekonomi syariah saat ini beragam jenisnya dan peminatnya juga banyak.

"Kendati perekonomian syariah di Indonesia secara keseluruhan masih sulit untuk mengimbangi perekonomian konvensional, namun setidaknya bisa mencapai target akselerasi saya rasa itu penting untuk lebih menggerakkan lagi perekonomian syariah," ujar Eko.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir terpilih sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) periode 2021-2024 dalam Musyawarah Nasional Masyarakat Ekonomi Syariah yang berlangsung pada Sabtu 23 Januari 2021. Erick Thohir menggantikan WImboh Santoso, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang menjabat Ketua Umum MES periode 2017-2020.

Di tengah pandemi ini, Erick mengharapkan, dapat menjadi momentum bagi ekonomi syariah untuk bangkit dan memiliki daya tahan lebih baik terhadap gejolak.

Baca juga: Erick Thohir: Ekonomi syariah harus jadi prioritas dukung pertumbuhan
Baca juga: Indef sarankan pemerintah subsidi ongkir ke UMKM di pasar daring
Baca juga: Wapres: Ekonomi syariah tidak untuk dibenturkan dengan konvensional

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pengamat sebut relaksasi PPnBM lebih efektif saat pandemi melandai

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar