Liga Belanda

Feyenoord tumbang di tangan AZ Alkmaar

Feyenoord tumbang di tangan AZ Alkmaar

Ilustrasi pertandingan pekan ke-18 Liga Belanda antara Feyenoord melawan AZ Alkmaar yang berlangsung Senin (25/1/2021) dini hari WIB. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Feyenoord tumbang di tangan AZ Alkmaar dengan skor 2-3 dalam laga pekan ke-18 Liga Belanda di Stadion De Kuip, Rotterdam, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Kendati mampu dua kali bangkit mengejar ketertinggalan, Feyenoord pada akhirnya harus menelan kekalahan 2-3 akibat gol kedua Myron Boadu untuk AZ.

Hasil itu membuat Feyenoord harus merelakan posisi peringkat keempat klasemen sementara diambil alih oleh AZ yang kini unggul dua poin di atas mereka dengan raihan 37 poin, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Baca juga: Pecundangi Fortuna Sittard, Ajax kembali perlebar jarak di puncak

Setelah tembakan jarak jauh Steven Berghuis untuk Feyenoord masih melenceng di sisi gawang, tim tamu berhasil membuka keunggulan pada menit ke-10 melalui penyelesaian matang Jesper Karlsson yang berdiri bebas memaksimalkan umpan kiriman Albert Gudmundsson.

Selepas gol tersebut, Feyenoord bertubi-tubi menggempur lini pertahanan AZ tapi sedikitnya enam percobaan tembakan berlalu upaya anak asuh Dick Advocaat tak kunjung membuahkan hasil.

Baru pada menit ke-32, tuan rumah akhirnya mampu menyamakan kedudukan saat Nicolai Jorgensen menerima umpan Jens Toornstra, mengelabui tak kurang dari tiga pemain AZ sebelum mengakhirinya dengan penyelesaian tenang di muka gawang.

AZ hampir memberi respon instan tetapi tembakan Calvin Stengs bisa diamankan kiper Nick Marsmann dan upaya Feyenoord membalikkan keadaan melalui tendangan jarak jauh Toornstra masih mampu dihentikan kiper Marco Bizot sehingga skor imbang bertahan hingga kedua tim turun minum.

Pertandingan babak kedua belum genap berjalan dua menit ketika Boadu kembali membawa AZ memimpin saat ia menyelesaikan umpan silang terukur kiriman Fredrik Midtsjo dengan sepakan ke pojok kiri bawah gawang untuk mengubah kedudukan jadi 2-1 bagi tim tamu.

Feyenoord kembali bangkit dan sekira 10 menit berselang sepakan Mark Diemers di dalam kotak penalti cukup untuk menaklukkan Bizot sekaligus membuat kedudukan imbang 2-2 pada menit ke-58.

Baca juga: PSV Eindhoven lumat RKC Waalwijk dua gol tanpa balas

Boadu lantas unjuk diri sebagai pembeda dalam pertandingan kali ini kala penyerang tim nasional Belanda U-21 itu melengkapi raihan dwigolnya pada menit ke-70 demi merestorasi keunggulan AZ atas Feyenoord.

Skema gol tersebut hampir serupa dengan gol pertama yang dicetaknya, bedanya kali ini Boadu menyelesaikan umpan silang dari Stengs dalam sebuah serangan cepat yang dilancarkan para pemain AZ.

Sejak gol itu, AZ tak memberikan kesempatan bagi Feyenoord untuk bangkit, malahan mereka memperoleh hadiah tendangan penalti pada menit ketiga injury time setelah Marco Senesi melanggar Stengs di dalam area terlarang.

Hampir tiga menit berlalu wasit Allard Lindhout berkonsultasi dengan VAR untuk mengesahkan hadiah tendangan penalti tersebut, tapi waktu yang terbuang itu justru berakhir dengan eksekusi buruk dari Teun Koopmeiners yang mengirimkan bola terbang tinggi di atas mistar gawang.

Beruntung bagi Koopmeiners, tendangan penalti itu tidak menjadi penentu skor pertandingan yang tetap berakhir dengan kedudukan 3-2 bagi AZ.

Baca juga: Vitesse kunci posisi dua setelah hajar Groningen 1-0

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar