Jakarta (ANTARA) - Kemarin Muhammadiyah menetapkan awal puasa pada 13 April 2021, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan cuaca ekstrem, dan pemerintah memperketat protokol kesehatan bagi warga negara asing yang memasuki wilayah Indonesia.

Selain itu ada warta mengenai penambahan kasus penularan COVID-19 dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang bisa dibaca kembali dalam rangkuman berita berikut.

Muhammadiyah tetapkan awal puasa 2021

Muhammadiyah menetapkan awal puasa tahun 2021 jatuh pada 13 April berdasarkan hasil perhitungan (hisab).

BMKG prakirakan cuaca sepekan ke depan berpotensi ekstrem

BMKG mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem dari 10 hingga 16 Februari 2021 di sebagian wilayah Indonesia.

Pasien COVID-19 bertambah

Jumlah akumulatif pasien COVID-19 di Indonesia bertambah 8.776 menjadi 1.183.555 orang dan jumlah pasien yang sudah sembuh dari penyakit itu bertambah 9.520 menjadi 982.972 orang menurut data  Satuan Tugas Penanganan COVID-19 per Rabu pukul 14.00 WIB. 

Pemerintah perketat protokol kesehatan bagi WNA yang masuk Indonesia

Pemerintah memperketat protokol kesehatan bagi pelaku perjalanan internasional atau warga negara asing (WNA) yang hendak masuk ke wilayah Indonesia guna menekan risiko penularan COVID-19.

PPKM ditujukan untuk tekan tingkat keterpakaian tempat tidur di rumah sakit

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menyatakan bahwa salah satu tujuan PPKM adalah untuk menekan tingkat keterpakaian tempat tidur di rumah sakit karena keterpakaian tempat tidur pasien di beberapa provinsi sudah di atas 70 persen.

"Kami khawatir ketika angka keterpakaian tempat tidur sudah tinggi maka pasien tidak bisa dirawat dan pada akhirnya angka fatalitas juga tinggi," kata Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satuan Tugas COVID-19 dr Dewi Nur Aisyah di Jakarta, Rabu.

 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2021