Anggota tercinta keluaga MotoGP telah meninggalkan kita
Jakarta (ANTARA) - Bos tim Gresini Racing yang juga merupakan juara dunia, Fausto Gresini, meninggal dunia di usia 60 tahun di Bologna, Italia pada Selasa, dua bulan setelah ia terjangkit COVID-19, demikian Reuters melansir.

Gresini memenangi dua gelar juara dunia di kelas 125cc selama 12 musim membalap di kejuaraan dunia sebelum berganti karier mengurus tim.

Pria asal Italia itu berada dalam status koma terinduksi di rumah sakit di Bologna ketika ia terjangkit COVID-19 pada Desember namun meninggalkan rumah sakit setelah kondisinya membaik pada Januari.

Baca juga: Bos tim Gresini Racing dalam keadaan koma terinduksi lagi

Namun demikian ia masih mengalami masalah pernafasan dan komplikasi di paru-paru telah memaksa staf medis membuatnya dalam kondisi koma terinduksi kembali pada pertengahan Februari.

"Berita yang tidak ingin kami kabarkan, dan sayangnya kami terpaksa membagikannya kepada Anda semua," demikian pernyataan resmi Gresini Racing.

"Setelah dua bulan berjuang melawan COVID, Fausto Gresini telah meninggal dunia, beberapa hari setelah genap berusia 60 tahun."

Sebagai pebalap, Gresini mengklaim kedua titelnya pada 1985 dan 1987, memenangi 10 balapan pertamanya di musim kedua yang ia juarai sehingga menjadi rekor yang masih bertahan hingga saat ini.

Dia juga meraih dua gelar juara dunia sebagai bos tim, di kelas 250cc pada 2001 lewat pebalap Jepang Daijiro Kato dan di kelas Moto2 lewat pebalap Spanyol Toni Elias pada 2010.

Baca juga: Gandeng Gresini, Indonesian Racing rilis motor Moto3 dan Moto2 2021

Kedua kejayaan itu diikuti tragedi bagi tim tersebut, ketika pada 2003 Kato meninggal dunia karena kecelakaan di Grand Prix Jepang dan pebalap Italia Marco Simoncelli mengalami kecelakaan fatal di Malaysia pada musim 2011.

"Anggota tercinta keluaga MotoGP telah meninggalkan kita," demikian pernyataan bela sungkawa MotoGP di Twitter.

"Fausto Gresini adalah rekan, teman bagi semua dan akan sangat dirindukan. Kami turut berbela sungkawa kepada keluarga dan orang-orang yang dicintai. Selamat beristirahat dengan tenang Fausto."

Gresini Racing tahun ini menggandeng Indonesian Racing, brand dari perusahaan manajemen olahraga Indonesia MP1, sebagai sponsor utama mereka di kelas Moto3.

Indonesian Racing juga menjadi salah satu sponsor tim Gresini di kelas Moto2.

Baca juga: Motif batik hiasi livery motor tim Indonesian Racing di Moto3
Baca juga: Gandeng Gresini Racing, Indonesian Racing hadir di empat kelas MotoGP

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021