Jakarta (ANTARA) - Pemain kelahiran Jerman Kim Jeffrey Kurniawan resmi berpisah dengan Persib Bandung setelah menolak perpanjangan kontrak yang ditawarkan manajemen Maung Bandung.

Laman resmi klub Sabtu menyebutkan bahwa Kim memang masih masuk skema untuk Piala Menpora dan Liga 1 Indonesia, namun mantan pemain Pelita Bandung Raya ini telah menjalin kesepakatan dengan tim lain setelah kontraknya habis 31 Januari.

Kim mengaku ingin mendapatkan tantangan baru meskipun tim yang akan dibela tak sebesar Persib. Namun Kim masih menyimpan rapat di mana klub selanjutnya.

"Justru itu tantangannya. Saya tertantang, apakah bisa enggak membawa klub yang lebih kecil dari Persib bisa sukses," kata Kim.

Baca juga: Barito Putera ikuti Piala Menpora tanpa pemain asing

Dia menepis anggapan bahwa keinginannya bergabung dengan klub lain semata karena uang.

"Ini sama sekali bukan karena uang semata. Tapi lebih ke saya melihat adanya tantangan di depan saya. Saya bisa saja gagal dengan tantangan ini, kita tak pernah tahu itu tapi saya ingin memperjuangkan kesempatan ini," kata dia.

Kim mengakui berpisah dengan Persib adalah keputusan yang berat. Namun, demi mempertimbangkan kariernya dia terpaksa mengambil keputusan tersebut.

Yang paling memberatkan dia meninggalkan klub Bandung itu adalah Bobotoh yang selalu mendukungnya saat terpuruk. Sempat mendapat tekanan keras pada era Dejan Antonic, Kim lantas bangkit dan akhirnya dicintai publik sepak bola Bandung.

"Bobotoh adalah alasan saya jatuh cinta kepada Persib. Dukungan Bobotoh pada saat saya terpuruk membuat saya selalu bangkit kembali. Saya tak akan bisa melupakan dan sampai kapan pun mencintai Bobotoh dan Persib," kata dia.

Baca juga: Robert Alberts pastikan pemain asing absen pada latihan perdana

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021