Jakarta (ANTARA) - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat) DKI Jakarta mengerahkan 21 mobil pemadan kebakaran untuk memadamkan api yang melalap rumah tinggal di Jalan Kramat Lontar, Kecamatan Senen, Jakarta.

“Pemadaman cukup lama karena banyak tumpukan plastik dan kertas,” kata petugas Command Center Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat Hasanuddin dihubungi di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, rumah yang difungsikan sebagai toko (ruko) itu berisi barang-barang yang mudah terbakar sehingga tim membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan pendinginan hingga selesai pukul 00.52 WIB.

BPDB DKI Jakarta melalui akun resmi twitter @BPBDJakarta menjelaskan petugas gabungan memerlukan waktu sekitar empat jam untuk menjinakkan si jago merah.

Baca juga: Kebakaran di Jakpus menurun di tahun 2020
Baca juga: 22 mobil damkar dikerahkan padamkan api di permukiman Paseban


Berdasarkan data dari BPBD DKI, kebakaran rumah tinggal itu dilaporkan terjadi pada Sabtu (27/2) pukul 20.45 WIB.

Adapun tim yang diterjunkan berasal dari sejumlah instansi di antaranya BPBD DKI bersama Disgulkarmat, PLN, PMI, Ambulans Gawat Darurat (AGD) , Dinas Perhubungan, dan Satpol PP.

Selain itu, juga berasal dari petugas kepolisian, TNI dan Petugas Sosial Kesiapsiagaan Bencana (PSKB)/Tagana Dinas Sosial.

Hasanuddin menambahkan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut namun diperkirakan menelan kerugian material ratusan juga rupiah.

Pihak berwajib saat ini sedang menyelidiki penyebab kebakaran.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021