Jakarta (ANTARA) - Ante Rebic mencetak gol untuk mengamankan kemenangan 2-1 AC Milan atas AS Roma, pada pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Olimpico, Roma, Minggu setempat atau Senin dini hari WIB.

Tambahan tiga poin membuat tim peringkat kedua Milan kini kembali terpaut empat poin dengan pemuncak klasemen Inter Milan. Milan mengoleksi 52 poin, sedangkan Roma tetap di posisi kelima dengan koleksi 44 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Milan keluar menyerang sejak awal. Zlatan Ibrahimovic memaksa kiper Pau Lopez, dan kemudian Fikayo Tomori mencetak gol yang tidak disahkan karena offside.

Baca juga: Inter pecundangi Milan 3-0 untuk perlebar jarak di puncak klasemen

Ibrahimovic merebut bola dari Lopez yang lengah setelah menerima operan Federico Fazio, namun sepakan tumit pemain Swedia itu melebar. Beberapa saat kemudian Rebic melepaskan sepakan yang masih dapat ditepis kiper Lopez.

Milan baru mampu memecah kebuntuan pada menit ke-43 melalui eksekusi penalti. Wasit memberikan hadiah penalti akibat pelanggaran yang dilakukan Fazio terhadap Davide Calabria, setelah dilakukan tinjauan VAR diputuskan bahwa pelanggaran itu terjadi di kotak terlarang. Eksekutor reguler Milan Frank Kessie sukses menjalankan tugasnya.

Roma menyamakan kedudukan setelah turun minum, tepatnya pada menit ke-50. Setelah menerima operan dari Leonardo Spinazzola, Veretout melepaskan sepakan kaki kanan melengkung ke sudut kanan atas gawang Milan. Itu merupakan gol kesepuluh Veretout musim ini.

Baca juga: Roma hanya mampu bawa pulang satu poin dari markas Benevento

Kedudukan imbang 1-1 tidak bertahan lama karena Milan merestorasi keunggulannya pada menit ke-58. Kiper Lopez melakukan kesalahan sehingga bola dapat dikuasai Alexis Saelemaekers, bola kemudian diberikan kepada Rebic, yang berputar dan mengecoh Mancini, untuk kemudian menempatkan bola ke sudut kiri jauh gawang.

Setelah gol dari Rebic, sejumlah peluang dimiliki kedua tim. Milan mendapatkannya dari pemain pengganti Rafael Leao, kemudian Roma memiliki peluang bagus dari tendangan Mkhitaryan yang membentur tiang gawang.

Pada fase akhir pertandingan, Roma bahkan memiliki dua peluang bagus untuk menyamakan kedudukan. Namun Pedro gagal melakukan penyelesaian dengan sempurna dan sepakan keras Mkhitaryan tertuju lurus ke kiper Donnarumma.

Pada pertandingan putaran selanjutnya yang dimainkan pada tengah pekan, Milan akan menjamu Udinese pada Rabu (3/3), sedangkan Roma melawat ke markas Fiorentina pada hari yang sama.

Baca juga: Rafael Leao ungkap alasan dirinya pilih AC Milan dan tolak Inter
Baca juga: UEFA selidiki kasus rasial yang menimpa Ibrahimovic


Susunan pemain:

AS Roma (3-4-2-1): Pau Lopez, Gianluca Mancini, Bryan Cristante, Federico Fazio (Bruno Peres 62'), Rick Karsdorp, Gonzalo Villar (Stephan El Shaarawy 70'), Jordan Veretout (Amadou Diawara 79'), Leonardo Spinazzola, Lorenzo Pellegrini, Henrikh Mkhitaryan, Borja Mayoral (Pedro Rodriguez 79')

AC Milan (4-2-3-1): Gianluigi Donnarumma, Davide Calabria, Fikayo Tomori, Simon Kjaer, Theo Hernandez, Sandro Tonali (Soualiho Meite 83'), Franck Kessie, Alexis Saelemaekers (Samuel Castillejo 83'), Hakan Calhanoglu (Brahim Diaz 46'), Ante Rebic (Rade Krunic 67'), Zlatan Ibrahimovic (Rafael Leao 56')

Baca juga: Menang 2-0 atas Benevento, Napoli kembali ke jalur kemenangan
Baca juga: Inter tundukkan Genoa 3-0 untuk unggul tujuh poin atas Milan
Baca juga: Atalanta ukir kemenangan ketiga beruntun setelah tundukkan Sampdoria

 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021