Jakarta (ANTARA News) - Hewlett Packard (HP) Indonesia meluncurkan printer ekonomis --HP Deskjet Ink Advantage-- untuk kelas SOHO (Small Office Home Office) yang mampu menghemat pemakaian tinta sehingga biaya pencetakan menjadi lebih murah yakni hanya Rp165 per lembar untuk pencetakan hitam putih dan Rp396 per lembar untuk cetak warna.

Biaya ekonomis ini bisa dimungkinkan karena HP mengeluarkan katrid tinta khusus untuk printer ini. Harga katrid ini pun cukup ekonomis hanya Rp99.000 untuk katrid HP 703 Black atau Tri-color Deskjet Ink Cartridge.

Market Development Manager, Imaging & Printing Group, HP Indonesia Alia Octhora Dewi mengatakan, printer ini sangat relevan dengan kondisi perekonomian saat ini yang menuntut pelaku bisnis melakukan penghematan namun tetap meningkatkan produktivitasnya. Dengan produk baru ini, katanya, pengguna bisa memperoleh hasil pencetakan tiga kali lebih banyak dengan harga separuhnya.

Para pelaku bisnis mikro dan SOHO akan memperoleh keuntungan berlipat dengan kehadiran printer ini. Dari sisi harga, mereka sudah bisa menekan biaya, sementara dari sisi kualitas, pebisnis mikro dan SOHO juga tidak perlu takut dengan hasil cetakannya.

Mengenai apakah printer ini cocok juga untuk pengguna perorangan non bisnis, Alia mengatakan, printer ini pada dasarnya dirancang untuk keperluan bisnis mikro dan SOHO. Pengguna perorangan non bisnis tetap saja bisa menggunakan printer ini namun mereka perlu  memperhitungkan apakah frekuensi untuk mencetak cukup besar atau tidak.

Umumnya, menurut dia, pengguna SOHO rata-rata mencetak lebih dari 60 halaman per bulan atau dua halaman per hari. Dengan kondisi seperti ini, maka mereka akan memperoleh penghematan yang luar biasa. Namun kalau untuk pengguna perorangan non SOHO jika frekuensi penggunaan printernya jarang atau seminggu kurang dari 10 halaman, Alia menyarankan agar tidak menggunakan printer ini.

HP Deskjet Ink Advantage pertama kali diluncurkan melalui pilot program yang diselenggarakan di Philipina dan meraih sukses besar. Penjualan HP900 dan HP910 cukup kuat dan terus berkelanjutan di Philipina serta meraih posisi nomer satu untuk pangsa pasar 100 dolar AS.

HP Deskjet Ink Advantage F735 AiO mempunyai kecepatan cetak dan copy hingga 28 halaman per menit untuk cetak hitam putih dan 22 halam per lembar untuk warna.

Printer yang dijual dengan harga mulai 100 dolar AS ini dilengkapi teknologi katrid tinta dual drop volume terbaru yang menghadirkan kemampuan small ink drops sehingga bisa membuat gambar dan grafis tersaji secara detil. Pengguna juga bisa memperoleh cetak teks warna hitam berkualitas laser di atas kertas polos dan hasil cetak berkualitas arsip. (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009