Jakarta (ANTARA) - Pangeran Philip dari Inggris yang kini berusia 99 tahun dipindahkan ke rumah sakit berbeda di London, Senin waktu setempat, untuk menjalani pemeriksaan kondisi jantung dan perawatan infeksi.

Suami Ratu Elizabeth ini masuk ke rumah sakit King Edward VII dua pekan lalu untuk perawatan infeksi yang tidak berhubungan dengan COVID-19.

Pada Senin, Istana Buckingham mengatakan Duke of Edinburgh dipindahkan ke RS Bartholomew, pusat perawatan jantung, untuk perawatan dan observasi lebih lanjut.

"Duke tetap merasa nyaman dan sedang menjalani perawatan tapi beliau diperkirakan tetap di rumah sakit setidaknya hingga akhir pekan," kata istana dalam pernyataan seperti dilansir Reuters.

Baca juga: Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip rayakan 73 tahun pernikahan

Fotografer dan kru TV di RS King Edward sebelumny amelihat seorang pasien dipindahkan ke ambulans, terlindung dari media yan gmenunggu di luar karena ditutupi polisi dan staf dengan payung, meski tidak ada konfirmasi bahwa pasien itu adalah pangeran.

Sejak masuk rumah sakit karena tidak enak badan pada 16 Februari, Philip hanya dikunjungi oleh putranya dan juga ahli waris Pangeran Charles.

Sang Ratu tetap berada di kastil Windsor, tempat pasangan itu bermukim selama pembatasan virus corona, dan pekan lalu ratu tetap menjalankan tugas resmi lewat video. Dia dan Philip sudah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 pertama.

Philip yang akan berulang tahun ke-100 pada Juni mendatang telah beberapa kali mendapatkan perawatan di rumah sakit dalam dekade terakhir terkait infeksi kandung kemih. Pada Natal 2011, dia menjalani operasi untuk arteri yang tersumbat di jantung setelah dilarikan ke rumah sakit akibat nyeri dada.

Peran Philip di kerajaan jadi sorotan semenjak munculnya drama "The Crown" di Netflix yang menceritakan kehidupan Ratu Elizabeth sebelum naik takhta, gelar ratu yang datang jauh lebih awal dari perkiraan Elizabeth serta kehidupan keluarga mereka.

Philip yang mendampingi ratu selama 69 tahun memimpin pensiun dari kehidupan publik pada 2017.

Baca juga: Kondisi membaik, tapi Pangeran Philip masih dirawat di RS

Baca juga: Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth, masuk rumah sakit

Baca juga: Pangeran Swedia beserta istri terinfeksi corona

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021