Film restorasi Charlie Chaplin akan tayang di bioskop dunia

Film restorasi Charlie Chaplin akan tayang di bioskop dunia

Pengunjung melihat potongan film bisu "The Great Dictator" dalam tur media "Chaplin's World", Swiss, 16 April 2016 (REUTERS/Denis Balibouse)

Jakarta (ANTARA) - Setelah seratus tahun berlalu sejak Charlie Chaplin menyutradarai dan membintangi film panjang perdananya berjudul "The Kid", kini beberapa film bisu paling terkenal dari sang komedian sedang direstorasi untuk ditayangkan di bioskop-bioskop di seluruh dunia.
 
Perusahaan film Prancis mk2 dan distributor internasional Piece of Magic mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah bekerja sama dalam rangka perayaan seratus tahun tersebut. Film yang akan direstorasi meliputi "The Gold Rush", "City Lights", "The Circus", "Modern Times", dan "The Great Dictator".

Dilansir Reuters, mk2 akan merilis restorasi 4K "The Kid" di Prancis pada musim gugur sementara Piece of Magic akan bekerja dengan jejaring lain untuk merilis karya lainnya di sekitar 50 wilayah serta berkolaborasi dengan mitra distribusi mk2.

"'The Kid' tahun 1921 mengukuhkan ketenaran dan keterampilan luar biasa Chaplin dalam seni perfilman," kata Kepala Eksekutif mk2 Nathanaël Karmitz dalam sebuah pernyataan.

"Rasanya pas tahun ini kami bekerja sama dengan Piece of Magic untuk mengembalikan Chaplin ke bioskop di seluruh dunia dan terus mempertahankan warisan karyanya, merayakan modernitas dan emosi yang hidup saat ini."

Kedua perusahaan tersebut mengatakan akan ada poster dan trailer baru yang "dirancang untuk penonton kontemporer" untuk menandai ulang tahun tersebut.

Baca juga: Misteri "Orang Berponsel" di Film Charlie Chaplin

Baca juga: "Charlie Chaplin" hadir di peringatan 60 tahun KAA

Baca juga: Memorabilia Chaplin Akan Dilelang di Jenewa

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar