Sepak Bola Nasional

LIB: Persija, Persib, Persebaya, Arema di grup terpisah Piala Menpora

LIB: Persija, Persib, Persebaya, Arema di grup terpisah Piala Menpora

Pesepak bola tim Arema FC mengikuti latihan di Stadion Ketawang, Malang, Jawa Timur, Selasa (2/3/2021). Latihan untuk menghadapi Turnamen Piala Menpora tersebut diisi dengan materi latihan fisik dan koordinasi antar pemain. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/foc.

Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita mengatakan bahwa, di turnamen pramusim Piala Menpora 2021, empat klub yaitu Persija, Persib, Persebaya dan Arema FC akan berada di grup terpisah yang membuat tim-tim itu tak bersua di penyisihan grup.

"Empat klub itu akan dipisahkan di empat kota. Ini pertimbangan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat-red) dari kepolisian," ujar Akhmad Hadian di Jakarta, Sabtu.

Meski demikian, LIB belum memastikan keempat tim tersebut ada di grup mana.

Hal itu akan diketahui dalam pengundian grup Piala Menpora 2021 pada Senin (8/3) di Jakarta mulai pukul 19.30 WIB.

Baca juga: Menpora minta suporter taati komitmen dukung tim di rumah

Baik Persija, Persib, Persebaya dan Arema FC memang memiliki jejak gesekan antarsuporter yang panjang.

Menurut LIB, pengalaman itu membuat Polri tidak ingin mengambil risiko. Apalagi kompetisi diadakan di tengah pandemi COVID-19.

Direktur Operasional LIB Sudjarno menegaskan bahwa, selain permintaan dari Polri, kebijakan memisahkan Persija, Persib, Persebaya dan Arema didasarkan pada berbagai pertimbangan.

"Ada juga soal kesiapan pemerintah daerah dan masukan dari klub Liga1. Banyak pertimbangan yang mengharuskan adanya pemisahan tempat serta grupnya," tutur Sudjarno.

Baca juga: Tim pelatih Arema FC kantongi hasil evaluasi usai latihan bersama

Di samping itu, LIB juga memastikan tidak ada klub yang akan menjadi tuan rumah di penyisihan grup turnamen pramusim tersebut. Seperti, misalnya, PSS tidak akan berlaga di grup yang berlangsung di Sleman.

"Kebijakan itu supaya ada keadilan untuk yang lain," kata Akhmad Hadian.

Turnamen pramusim Piala Menpora 2021, yang berlangsung pada 21 Maret-25 April 2021, akan diikuti 18 tim Liga 1.

Ada empat daerah yang menjadi tuan rumah penyisihan grup yaitu Bandung, Sleman, Solo dan Malang. Pengundian grup dan rapat manajer akan dilakukan pada 8 Maret 2021 di Jakarta.

Sesuai dengan kesepakatan Polri, Kemenpora, PSSI dan LIB, Piala Menpora 2021 wajib dilaksanakan dengan penerapan ketat protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Nantinya, tim juara Piala Menpora 2021 akan mendapatkan hadiah Rp2 miliar. Peringkat kedua meraup Rp1 miliar, lalu Rp750 juta untuk tim terbaik ketiga dan Rp500 juta untuk tim terakhir di empat besar.

Baca juga: LIB pertimbangkan usul Menpora semifinal-final Piala Menpora di Solo
Baca juga: Kompetisi sepak bola Piala Menpora sudah kantongi izin Polri

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Inspeksi mendadak Piala Menpora, Kapolri akui berjalan baik

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar