Bola Basket

Erick Thohir kunjungi Menpora bahas venue FIBA World Cup 2023

Erick Thohir kunjungi Menpora bahas venue FIBA World Cup 2023

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (kiri) dan Menteri BUMN Erick Thohir memberikan keterangan pers terkait persiapan Indonesia menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (10/3/2021). (ANTARA/HO-Kemenpora)

Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir pada Rabu mengunjungi Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali di Kantor Kemenpora untuk membahas persiapan Indonesia menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023.

Indonesia bakal menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2021 yang dijadwalkan berlangsung pada 16-28 Agustus. Demikian juga dengan Piala Dunia FIBA 2023, Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah bersama Jepang dan Filipina.

Untuk mempersiapkan event tersebut, Erick menyampaikan bahwa Indonesia masih perlu membangun venue multifungsi yang tidak hanya diperuntukkan bagi penyelenggaraan kejuaraan bola basket, tetapi juga event-event lainnya.

Baca juga: Indonesia bakal bangun stadion mewah demi Piala Dunia FIBA 2023

“Untuk venue, intinya kami tidak mau membangun venue yang tidak terpakai karena dari catatan Asian Games 2018 sudah dibahas kalau venue ini jangan sampai terbengkalai,” kata Erick yang juga menjabat anggota dewan FIBA.

“Itulah kenapa pembangunannya juga bukan hanya gedung basket, tetapi gedung multifungsi dan tempatnya tetap di GBK yang dekat dengan Kemenpora,” kata dia menambahkan.

Menpora Zainudin Amali menyambut baik rencana tersebut. Menurutnya, pembangunan venue bola basket untuk Piala Dunia FIBA 2023 memang menjadi kebutuhan mendesak sebab Indonesia belum memiliki venue dengan sarana dan prasarana yang sesuai dengan standar FIBA.

Baca juga: Menpora akan bentuk timnas basket untuk ikuti Piala Dunia FIBA 2023
Baca juga: FIBA luncurkan logo Piala Dunia 2023


“Untuk venue ini kita memang belum punya jadi ini kewajiban Indonesia. Kita harus menjadi tuan rumah yang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap,” ujar Zainudin.

PP Perbasi dan Erick Thohir telah meminta restu kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk pembangunan arena multifungsi yang nantinya bakal digunakan sebagai venue FIBA World Cup 2023 di Indonesia.

Anies menyambut baik dan mendukung penuh pelaksanaan FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023 di Jakarta.

"Kami di Jakarta bersyukur, bangga, dan kita akan support semua kegiatan persiapannya supaya bisa lancar dan sukses," ucap Anies beberapa waktu lalu.

Presiden Joko Widodo juga telah menekankan agar segala sesuatu mulai dari perencanaan anggaran, venue dan tim nasional harus disiapkan dengan baik meski waktu persiapan masih dua tahun lagi.

Baca juga: Erick Thohir sambangi FIBA laporkan kesiapan tuan rumah Piala Dunia
Baca juga: Presiden minta timnas basket dibentuk hadapi Piala Dunia FIBA 2023


 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kemenpora bentuk tim cepat terkait sanksi WADA pada LADI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar