Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Ducati Jack Miller mencetak rekor catatan waktu tidak resmi di Sirkuit Losail setelah tampil tercepat pada hari ketiga tes pramusim MotoGP di Qatar, Rabu waktu setempat.

Sang pebalap Australia mencetak waktu tercepat hari itu dengan catatan 1:53,183 untuk finis 0,080 detik di depan Fabio Quartararo dari tim Monster Energy Yamaha.

Baca juga: Quartararo tercepat di hari kedua tes pramusim MotoGP di Qatar

Kemudian Maverick Vinales membawa dua motor dari tim pabrikan Yamaha itu di peringkat tiga besar setelah finis 0,323 detik dari pemuncak sesi, demikian laman resmi MotoGP.

Leg kedua tes pramusim hari itu disambut cuaca terbaik sejak tim dan pebalap tiba di Doha setelah angin kencang sempat mengganggu para pebalap ketika tes pada Senin dan Selasa.

"Kondisi hari ini sangat baik dan memungkinkan kami mencetak sejumlah waktu putaran yang sangat cepat. Kamit tidak terlalu fokus untuk 'time attack', tapi kami bekerja memperbaiki seluruh area dari motor ini," kata Miller.

Catatan terbaik Miller hari itu lebih cepat 0,197 detik dari rekor resmi lap Sirkuit Losail yang dibuat pada 2019 dan masih dipegang oleh Marc Marquez (1:53,380).

Baca juga: Miller tegaskan kecepatan Ducati di FP3 MotoGP Portugal

Johann Zarco dari tim Pramac Racing cukup senang dengan progres yang dia hasilkan setelah sang pebalap Prancis menegaskan kembali potensi motor GP21 dengan finis peringkat empat.

Rekan satu tim Miller, Francesco Bagnaia melahap 51 putaran dan finis P9, 1,053 detik dari tandemnya ketika sang pebalap Italia fokus menguji laju jarak panjang dari motornya.

Pol Espargaro dengan mulus meneruskan adaptasinya dengan motor Honda setelah memuncaki catatan waktu di paruh pertama tes di rentang satu menit 53 detik.

Baca juga: Espargaro bawa Aprilia tampil tercepat di hari pertama tes Qatar

Pebalap Spanyol itu bahkan setengah detik lebih cepat dari catatan waktunya ketika membalap untuk KTM di Losail musim lalu, dan hampir menyamai rekor Marc Marquez di Qatar jika ia mampu setengah detik lebih cepat.

Stefan Bradl, yang sementara menggantikan Marquez, mengakhiri hari ketiga tes setelah terjatuh di Tikungan 2. Sang pebalap Jerman dilaporkan merasakan sakit di lehernya.

Duet tim LCR Honda, Takaaki Nakagami dan Alex Marquez juga terjatuh hari itu.

Nakagami, yang menguji sejumlah komponen baru, merangsek ke peringkat 10 besar catatan waktu di hari ketiga di saat Marquez finis P15.

Tim juara dunia Suzuki Ecstar terlihat menguji fairing tambahan di motor mereka ketika Joan Mir dan Alex Rins mengklaim P7 dan P8.

Baca juga: Mir merasa dirinya bukan favorit juara di MotoGP 2021

Tim pabrikan Hamamatsu melanjutkan fokus pengembangan sasis motor GSX-RR dan berharap memperbaiki kelemahan mereka untuk hasil kualifikasi yang lebih baik.

Sedangkan Aleix Espargaro meneruskan hari-hari produktifnya bersama Aprilia ketika membawa RS-GP ke P6.

Duet tim Petronas Yamaha Franco Morbidelli dan Valentino Rossi terlempar dari peringkat 10 besar ketika catatan waktu terbaik mereka berjarak masing-masing 1,1 dan 1,4 detik dari catatan terbaik hari itu.

Daya cengkeram ban belakang masih menjadi kekhawatiran Rossi di Qatar.

Baca juga: Rossi awali petualangan baru bersama Petronas
Baca juga: Honda belum beri tanda kapan Marquez akan kembali balapan


Tim dan pebalap akan melanjutkan sesi tes pramusim pada Kamis dan Jumat sebelum seri pembuka digelar di Qatar pada 28 Maret nanti.

Sepuluh besar catatan waktu tes Qatar hari ketiga:
1. Jack Miller (Ducati Lenovo Team) – 1:53,183
2. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0,080
3. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0,327
4. Johann Zarco (Pramac Racing) + 0,716
5. Pol Espargaro (Repsol Honda Team) + 0,716
6. Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) + 0,788
7. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 0,895
8. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 0,960
9. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) + 1,053
10. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) + 1,079
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021