Go Mandalika menyajikan konten-konten berupa foto, video, dan informasi, yang bersifat 'open license'
Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, meluncurkan program E-Tourism Go Mandalika sebagai ikhtiar untuk mempromosikan dan membangkitkan kembali pariwisata di daerahnya.

Peluncuran program E-Tourism Go Mandalika dilakukan oleh Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri dan praktisi pariwisata nasional Taufan Rahmadi di Kabupaten Lombok Tengah, Senin.

Kegiatan tersebut disaksikan secara virtual di Jakarta oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Pathul Bahri menjelaskan Go Mandalika adalah sebuah media informasi pariwisata khusus Kabupaten Lombok Tengah.

"Di dalamnya juga ada informasi tentang perkembangan persiapan penyelenggaraan event internasional MotoGP Mandalika 2021," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Mataram.

Selain itu, kata dia, Go Mandalika juga menjadi media bagi pelaku ekonomi kreatif untuk menyajikan informasi bisnisnya masing-masing dan mengambil peluang mendapatkan pasar yang luas, melalui layanan direktori bisnis yang beralamat di https://direktori.gomandalika.com

Go Mandalika menyajikan konten-konten berupa foto, video, dan informasi, yang bersifat open license, sehingga pengunjung dapat mengambil konten-konten tersebut dan menggunakannya untuk berbagai tujuan.

Hal itu, lanjut Pathul, sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah kepada masyarakat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dalam menyediakan konten promosi pariwisata daerah.

"Go Mandalika juga menyajikan layanan kontribusi, di mana pengunjung dapat ikut memberikan sumbangsih produksi konten dan informasi yang dapat diolah menjadi bahan promosi pariwisata dan ekonomi kreatif," ujarnya.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga mengatakan Go Mandalika akan menjadi platform yang lebih mudah dipahami untuk penyempurnaan adaptasi strategi pengembangan pariwisata.

"Hari ini kita memiliki Go Mandalika.com, dan ini adalah pengalaman dari perjalanan berwisata bagi perilaku wisata yang akan lebih dipahami untuk menyempurnakan adaptasi strategi pengembangan pariwisata di Lombok Tengah dan Mandalika di masa mendatang," katanya.

Pemerhati pariwisata nasional Taufan Rahmadi menambahkan Go Mandalika adalah terobosan yang patut diapresiasi sebagai bentuk keseriusan Pemkab Lombok Tengah dalam mempersiapkan Mandalika dan Lombok Tengah sebagai destinasi pariwisata super prioritas.

Menurut dia, program E-Tourism Go Mandalika selaras dengan kebijakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang menekankan kemampuan adaptasi terhadap kondisi dan situasi, serta adaptasi terhadap penggunaan teknologi digital.

Platform Go Mandalika dapat diakses melalui alamat https://gomandalika.com.

Baca juga: Tujuh kapal pesiar bakal berkunjung ke Pulau Lombok Oktober-Desember
Baca juga: ITDC tanda tangani kontrak pembangunan infrastruktur di KEK Mandalika
Baca juga: 22 UMKM NTB disiapkan jadi official merchandise MotoGP Mandalika

Pewarta: Awaludin
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021