Liga Italia

Akan ke mana Cristiano Ronaldo musim depan ?

Akan ke mana Cristiano Ronaldo musim depan ?

Pemain Juventus Cristiano Ronaldo ketika mencetak hattrick saat timnya menghadapi Cagliari dalam pertandingan Serie A di Sardegna Arena, Cagliari, pada 14 Maret 2021. (AFP/ALBERTO PIZZOLI)

Jakarta (ANTARA) - Terlemparnya Juventus dari Liga Champions setelah kalah bersaing melawan Porto pada babak 16 Besar langsung membuka lagi spekulasi bahwa bintang mereka Cristiano Ronaldo akan meninggalkan Si Nyonya Besar akhir musim ini.

Kabar ini kian mengencang setelah awal bulan ini pun muncul laporan bahwa Juventus yang mengalami kesulitan keuangan akibat pandemi bersiap menjual hak iklan pemain berusia 36 tahun yang sebesar 25 juta pound demi menutupi gaji tahunan Ronaldo yang mencapai 28 juta pound.

Tetapi semua cerita itu bukan hal baru karena selalu ada spekulasi mengenai kepindahan Ronaldo setiap musim. Pada usianya yang menua Ronaldo tetap cemerlang dan produktif yang musim ini saja sudah menciptakan 30 gol selama 33 kali bertanding untuk Juventus, termasuk hattrick melawan Cagliari dua hari lalu.

Kini dia sudah menciptakan 770 gol selama kariernya atau tiga gol lebih banyak dari yang ditorehkan Pele selama kariernya yang total mengoleksi 767 gol.

Untuk itulah Ronaldo tetap dilirik siapa pun, termasuk raksasa-raksasa sepak bola Eropa. Dan berikut sejumlah klub yang menurut ESPN bisa menjadi tempat sang peraih Ballon d'Or lima kali untuk musim berikutnya.

Baca juga: Juve kalahkan Porto, tapi tersingkir karena gol tandang
Baca juga: Ronaldo cetak hattrick saat Juve gasak Cagliari 3-1
Baca juga: Pele selamati Ronaldo karena pecahkan rekor gol miliknya


REAL MADRID
Ronaldo meninggalkan Bernabeu pada 2018 dengan menyandang status pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk Real Madrid dengan 450 gol dari 438 pertandingan. Ketika ditanya kemungkinan Ronaldo balik ke Real, pelatih Madrid Zinedine Zidane menjawab jika itu terjadi maka akan "menakjubkan."

Faktanya, Real belum bisa mendapatkan pengganti Ronaldo. Real mungkin tengah kesulitan uang, tetapi ketika ada opsi menarik lagi Ronaldo, maka klub ini selalu memiliki cara untuk mendapatkan dana transfer.

MANCHESTER UNITED
Sudah 12 tahun Ronaldo meninggalkan Old Trafford setelah dibeli sebagai pemain termahal di dunia saat itu dengan harga 80 juta pound oleh Real Madrid. United sudah beberapa kali merayu pemain ini agar kembali, termasuk yang paling kencang pada 2013 dan 2014.

Jika United gagal mendapatkan pemain Borussia Dortmund Erling Haaland, maka Ronaldo bisa menjadi alternatif. Sebaliknya Ronaldo akan sulit menolak rayun Setan Merah jika seterunya Lionel Messi akhirnya bergabung dengan Manchester City.

Baca juga: Cristiano Ronaldo balik ke MU?


PARIS SAINT-GERMAIN
Setiap kali ada bintang yang hendak hengkang, PSG selalu masuk pasar untuk turut memburunya. Namun jika sampai mendatangkan Ronaldo maka klub ini harus melepaskan Neymar atau Kylian Mbappe yang belakangan kurang peminat harga di tengah pandemi seperti ini tak ada klub yang mau mengeluarkan dana banyak sekali untuk menarik kedua pemain yang memang harganya selangit.

PSG juga berambisi menduetkan Lionel Messi dengan Ronaldo, apalagi jika Neymar dan Mbappe tergoda meninggalkan Parc des Princes.

Baca juga: Direktur PSG tidak mau tutup kemungkinan untuk datangkan Ronaldo


MAJOR LEAGUE SOCCER
Pindah ke Amerika Serikat juga masuk opsi Ronaldo dan ketika dia terpaksa mengambil opsi ini maka pilihannya kemungkinan besar Inter Miami yang salah satu pemiliknya adalah mantan rekannya sendiri di United dan Real, David Beckham.

Sudah begitu Inter Miami sedang dilatih Phil Neville yang pernah bermain bersama Ronaldo di Old Trafford. Ronaldo juga akan lebih memilih tempat dengan suhu yang disukainya. Pemain Portugal ini dikenal tidak menyukai cuaca di Manchester yang sama dengan Kansas atau Minnesota, sebaliknya menyukai tempat hangat seperti Miami.

Baca juga: Klub milik Beckham diinvestigasi MLS terkait perekrutan Blaise Matuidi


TETAP BERSAMA JUVENTUS
Ronaldo memang tinggal satu tahun lagi dalam kontraknya bersama Juventus dan boleh saja belum berhasil menjuarai Liga Champions bersama Juve, tetapi dua musim di Serie A jelas berhasil karena selain menciptakan 95 gol dalam 122 pertandingan, dia juga selalu mempersembahkan gelar juara liga. Jadi tak ada alasan kuat untuk pindah demi uang.

Tetapi jika merasa sudah tidak diinginkan lagi membela klub Turin ini, maka dia bisa saja kembali ke Madrid atau Manchester di mana dia diidolakan dan sekaligus dibayar super mahal. Baik Real maupun MU sama-sama menyatakan membuka pintu lebar-lebar untuk mantan bintang mereka itu.

Baca juga: Perpanjangan kontrak Ronaldo tidak masuk dalam agenda Juventus
Baca juga: Eks Presiden Juventus: rekrut Ronaldo adalah langkah yang salah

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar