Sepak Bola Nasional

PSSI belum targetkan medali SEA Games kepada timnas putri

PSSI belum targetkan medali SEA Games kepada timnas putri

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberikan keterangan mengenai perkembangan tim nasional putri di Lapangan D Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (17/3/2021). Dalam kesempatan itu, Iriawan menyaksikan timnas putri menang 15-0 dalam laga uji coba kontra Bina Sentra Cirebon. ANTARA/Michael Siahaan.

Jakarta (ANTARA) - PSSI belum menargetkan medali SEA Games 2021 kepada tim nasional putri Indonesia yang pada 8-31 Maret 2021 menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta.

"Saya minta pada timnas untuk melakukan yang terbaik di SEA Games 2021," ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat memantau uji coba timnas putri di Lapangan D Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu.

Timnas putri Indonesia belum pernah sekali pun meraih medali selama berkompetisi di SEA Games.

Prestasi terbaik skuad Garuda Pertiwi di SEA Games diraih pada tahun 1997 dan 2001 yaitu berada di posisi keempat.

Baca juga: Timnas putri jalani latihan perdana untuk SEA Games 2021

Pada SEA Games 2019 di Filipina, timnas putri bahkan tidak lolos fase grup lantaran tak pernah menang melawan dua anggota grup lain, Vietnam dan Thailand.

Vietnam saat itu menaklukkan Indonesia dengan skor telak 0-6 dan Thailand menang atas skuad 'Garuda Pertiwi' dengan skor 5-1. Vietnam sendiri pada akhirnya merebut medali emas dan Thailand meraup medali perak.

"Saya tentu ingin kita membalas kekalahan-kekalahan itu, khususnya dengan Vietnam karena mereka tim terbaik di SEA Games itu. Namun, untuk menuju ke sana, kita tentu harus betul-betul berjuang dan berlatih sekuat tenaga," kata Iriawan.

Baca juga: Timnas putri gelar TC di Jakarta dengan 38 pemain
Baca juga: Timnas putri lahap menu 'pressure game' minggu pertama TC


Demi menggoreskan pencapaian terbaik di SEA Games 2021, PSSI meminta pelatih timnas putri Rudy Eka Priyambada agar mencari komposisi pemain yang tepat untuk skuadnya.

Iriawan menegaskan bahwa PSSI memercayakan sepenuhnya timnas putri kepada Rudy dan tidak akan mencampuri urusan teknis.

"Saya menyerahkan ke pelatih karena itu adalah kewenangannya. Namun, saya meminta, mental pemain harus tetap nomor satu, kedua, disiplin dan ketiga mesti dapat meningkatkan fisik serta stamina. Bagaimana pun bagusnya bermain, pasti akan maksimal kalau stamina melorot," tutur Iriawan.

Baca juga: Pelatih belum puas meski timnas putri menang 15-0 dalam uji coba

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Telan dua kali kalah, Timnas Sepakbola Putri Indonesia tersingkir

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar