LKBN ANTARA Bali-Pemkab Jembrana sepakat perkuat kerja sama

LKBN ANTARA Bali-Pemkab Jembrana sepakat perkuat kerja sama

Wakil Bupati Jembrana, Provinsi Bali I Gede Ngurah Patriana Krisna (tengah) didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jembrana Made Gede Budhiarta, SSTP, M.Si (kiri) saat menerima Kepala Biro LKBN ANTARA Bali Edy M Ya'kub (kanan) di Kantor Bupati Jembrana, Negara, Kamis (18/3/2021). (FOTO ANTARA/Gembong Ismadi)

Kerja sama dengan LKBN ANTARA itu juga sangat strategis, karena apapun tentang Jembrana akan dapat disebarluaskan kepada masyarakat Indonesia dan bahkan dunia
Negara, Bali (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana, Provinsi Bali dan Perum LKBN ANTARA Biro Bali menyepakati untuk memperkuat kerja sama yang selama ini terjalin, khususnya dalam bidang pemberitaan potensi daerah, diklat jurnalistik, dan perluasan distribusi informasi melalui videotron/i-media.

"Sejak SD, saya sudah tahu kalau Kantor Berita Indonesia adalah ANTARA, karena itu kerja sama yang sudah terjalin selama ini silakan diperkuat," kata Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna saat menerima kunjungan pimpinan dan staf LKBN ANTARA Biro Bali di Kantor Bupati Jembrana di Negara, Kamis.

Didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jembrana Made Gede Budhiarta, SSTP, M.Si, ia menjelaskan kerja sama dengan LKBN ANTARA itu juga sangat strategis, karena apapun tentang Jembrana akan dapat disebarluaskan kepada masyarakat Indonesia dan bahkan dunia.

"Tentunya, kerja sama itu harus saling menguntungkan, baik di pihak kita maupun di pihak ANTARA. Pemkab akan menyiapkan sarana atau fasilitas yang dibutuhkan, kemudian ANTARA yang memberi dukungan dalam konten informasi dan menyebarluaskannya," katanya.

Kepada Kepala Biro LKBN ANTARA Bali Edy M Ya'kub dan staf, Wabup mempersilakan ANTARA untuk melakukan koordinasi secara teknis dengan Dinas Kominfo Jembrana, termasuk untuk menjalin koordinasi dengan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Jembrana guna meningkatkan pengembangan kapasitas di wilayahnya.

Sementara itu Edy M Ya'kub menjelaskan pertemuan yang dilakukan dengan Wabup Jembrana yang mewakili Bupati Jembrana itu memang bertujuan memperkuat kerja sama yang sudah lama vakum dan baru dijalin kembali bersama Dinas Kominfo Jembrana sejak tahun 2019.

"Bersama Dinas Kominfo Jembrana, kami justru menyambung kembali kerja sama dengan memasang i-media pada tiga titik di RSU Negara, Dinas Perizinan, dan Disdukcapil. Kedepan, kami akan mengembangkannya dengan kerja sama pemasangan videotron, kerja sama pemberitaan potensi daerah, dan diklat jurnalistik untuk jajaran OPD di sini," katanya.

Didampingi Desi Dora, staf lokal ANTARA Digital Media, Nyoman Aditya, staf teknis/administrasi, dan Gembong Ismadi, wartawan ANTARA di Jembrana, ia mengatakan LKBN ANTARA di daerah memang bertugas mengangkat potensi daerah melalui distribusi informasi dan "membela" daerah terkait informasi hoaks yang merugikan masyarakat.

"Untuk mengangkat potensi daerah dan menangkal hoaks itu, ANTARA menyebarluaskan informasi melalui berbagai kanal, yakni sinergi dengan 300-an media di Tanah Air serta sejumlah kantor berita asing dan KBRI. Bermitra dengan media dan sejumlah kantor berita asing dan KBRI itu merupakan tugas utama ANTARA dalam diplomasi informasi. Biasanya, pihak asing menyukai informasi tentang pariwisata dan budaya di Pulau Bali," katanya.

Selain itu, ANTARA juga mengemban tugas negara dalam penyebarluasan distribusi melalui kanal-kanal yang langsung berhubungan dengan publik yakni 34 portal konvergensi yang dimiliki ANTARA pada setiap provinsi dan kanal distribusi melalui 1.200-an i-media dan videotron.

"Untuk publik, kami juga bermitra melalui kerja sama yang bersifat edukasi atau literasi, seperti diklat jurnalistik, pameran foto, dan kemitraan lainnya," kata Edy yang dalam kesempatan itu menyerahkan dua buku 'Suara Milenial Untuk Bali' terbitan LKBN ANTARA Biro Bali (2020) sebagai cenderamata untuk Bupati dan Wabup Jembrana.

Baca juga: Menteri KKP janji perbaiki pelabuhan perikanan Pengambengan Bali

Baca juga: Pemkab Jembrana gandeng ANTARA dorong pertumbuhan ekonomi daerah

Baca juga: Gempa Jembrana sebabkan kerusakan bangunan di Jember

Baca juga: Jalan raya Denpasar-Gilimanuk di Jembrana terendam banjir

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf dan Gembong Ismadi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ini Kisah inspiratif wartawati LKBN ANTARA dalam menjalankan tugas Jurnalis 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar