Pemerintah distribusikan vaksin AstraZeneca mulai pekan depan

Pemerintah distribusikan vaksin AstraZeneca mulai pekan depan

Arsip Foto. Petugas memindahkan boks berisi vaksin COVID-19 buatan AstraZeneca yang tiba di kompleks PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Senin (8/3/2021) malam.(ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah mulai pekan depan akan mendistribusikan vaksin COVID-19 produksi AstraZeneca untuk pelaksanaan vaksinasi.

"Pekan depan akan kita mulai distribusi dan vaksinasi dengan AstraZeneca," katanya dalam acara jumpa pers Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang disiarkan daring pada Jumat.

Pemerintah sebelumnya menangguhkan pendistribusian vaksin buatan AstraZeneca karena ada laporan mengenai indikasi efek samping penggunaan vaksin tersebut.

Pemerintah memutuskan untuk mendistribusikan vaksin COVID-19 buatan AstraZeneca setelah hasil pemeriksaan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), Badan Pengawas Obat dan Produk Pelayanan Kesehatan Inggris (Medicines and Healthcare Products Regulatory Agency/MHRA), serta otoritas obat-obatan Eropa menunjukkan vaksin tersebut aman digunakan.

"Jadi Insya Allah rencananya minggu depan akan dimulai didistribusikan dan vaksinasi memakai AstraZeneca," kata Menteri Kesehatan.

Kementerian Kesehatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan segera mengumumkan pedoman teknis penggunaan vaksin AstraZeneca.

MHRA telah mengumumkan hasil peninjauan terhadap beberapa kejadian tromboembolik atau proses pembentukan bekuan darah pada orang yang menerima vaksin COVID-19 AstraZeneca di Inggris.

Regulator obat dan produk kesehatan Inggris itu menyatakan bahwa manfaat vaksin buatan AstraZeneca untuk mencegah COVID-19 jauh lebih besar daripada risikonya dan merekomendasikan penggunaan vaksin tersebut.

Baca juga:
Satgas: Penundaan vaksin AstraZeneca hanya sementara
BPOM terbitkan izin penggunaan darurat vaksin AstraZeneca
Kemenkes optimistis 1,1 juta vaksin AstraZeneca habis pada Mei

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Indonesia terima 1 juta lebih vaksin jadi AstraZeneca

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar