Bulu tangkis

Lee Zii Jia tundukkan Axelsen untuk rebut gelar All England 2021

Lee Zii Jia tundukkan Axelsen untuk rebut gelar All England 2021

Pebulutangkis andalan Malaysia, Lee Zii Jia memegang trofi usai mengalahkan pemain Denmark Viktor Axelsen di final tunggal putra gelaran terbuka All England di Utilita Arena, Birmingham, Inggris (21/3/2021). ANTARA/AFP/Adrian DENNIS/aa.

Jakarta (ANTARA) - Tunggal putra Malaysia Lee Zii Jia mengklaim gelar juara All England 2021 setelah mengalahkan juara bertahan asal Denmark Viktor Axelsen dalam laga final yang digelar di Utilita Arena Birmingham, Minggu.

Lee Zii Jia yang datang sebagai unggulan keenam sekaligus satu-satunya wakil Malaysia di final All England 2021 itu sukses menundukkan unggulan kedua Axelsen dengan skor 30-29, 20-22, 21-9, demikian laman resmi BWF.

Duel sengit antara Lee Zii Jia dan Axelsen sudah tersaji sejak awal gim pertama. Kedua pemain sempat saling bergantian memimpin perolehan angka kendati hanya terpaut satu hingga dua poin sebelum Lee Zii Jia memimpin 11-10 saat interval.

Baca juga: Endo/Watanabe juara All England 2021

Setelah jeda, laga di antara dua tunggal putra yang masuk jajaran pemain top 10 dunia itu semakin alot dengan kedua pemain beberapa kali saling berbagi angka hingga Lee Zii Jia unggul 19-16, yang menjadi margin paling jauh di gim pertama.

Axelsen langsung merespons dengan tiga poin untuk menyamakan kedudukan menjadi 19-19. Tunggal putra peringkat kedua dunia itu pun memaksakan deuce saat papan skor menunjukkan skor 20-20.

Selepas itu, kedua pemain kembali terlibat duel sengit karena harus melalui sembilan kali deuce sebelum akhirnya Lee Zii Jia menang dengan skor 30-29.

Baca juga: Jepang pastikan sabet tiga gelar juara All England 2021

Momentum pertandingan menjadi milik Axelsen di awal gim kedua. Meski sempat tertinggal, ia unggul 11-9 pada interval.

Setelah interval kedudukan sempat imbang 11-11 sebelum Axelsen kembali menjauh dengan torehan tiga angka beruntun. Namun Lee Zii Jia langsung membalasnya dengan mencatatkan tujuh angka tanpa balas untuk berbalik memimpin 18-14.

Akan tetapi, Axelsen berhasil keluar dari tekanan untuk menyudahi gim kedua dengan skor 22-20 sehingga memaksa rubber game dimainkan.

Memasuki gim penentu, Axelsen sudah tampak kelelahan. Dia juga kerap melakukan kesalahan sendiri yang kemudian dimanfaatkan oleh Lee Zii Jia untuk memimpin hingga interval pertama ditutup dengan skor 11-5.

Axelsen mencetak hanya empat poin tambahan hingga gim ketiga usai. Pengembalian bola dari Axelsen yang melebar menandai akhir gim ketiga dengan skor 21-9 dan memastikan gelar juara bagi Lee Zii Jia.

Baca juga: Turki sesalkan mundurnya tim Indonesia dari All England
Baca juga: Selebritas dan warganet ramai unggah foto kok bulu tangkis warna hitam


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mainkan emosi Axelsen, Ginting tembus ke final Indonesia Masters

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar