Liga Belanda

Ajax pesta lima gol ke gawang ADO Den Haag

Ajax pesta lima gol ke gawang ADO Den Haag

Bek Ajax Devyne Rensch (kanan) merayakan golnya ke gawang ADO Den Haag dalam lanjutan Liga Belanda di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda, Minggu (21/3/2021) waktu setempat. ANTARA/AFP/ANP/Maurice van Steen.

Jakarta (ANTARA) - Ajax menggelar pesta lima gol ke gawang ADO Den Haag saat menang 5-0 dalam laga pekan ke-27 Liga Belanda di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Bek sayap muda Devyne Rensch mengawali pesta gol Ajax pada menit ke-11 saat ia mengkonversi umpan David Neres dengan tembakan terukur dari tengah kotak penalti.

Sepuluh menit berselang, Rensch berganti peran menjadi pengumpan untuk gol kedua Ajax yang dicetak Brian Brobbey, talenta yang musim depan akan hijrah ke Jerman membela RB Leipzig.

ADO sempat berupaya membalas, tetapi mereka kesulitan menembus lini belakang Ajax dan tembakan spekulasi Vicente Besuijen dari luar kotak penalti bahkan tak mampu mencapai gawang tuan rumah pada menit ke-30.

Baca juga: Leipzig dapatkan bintang muda Brian Brobbey dari Ajax

Dua menit berselang giliran Edson Alvarez yang mencetak gol untuk memperlebar keunggulan Ajax, dengan kesigapannya menyambar bola liar dari kemelut di depan gawang ADO yang tercipta akibat sepakan Davy Klaassen.

Semenit jelang turun minum, keunggulan Ajax bertambah lagi saat Dusan Tadic melesakkan tembakan dari sisi kiri menyelesaikan umpan kiriman Rensch.

Keunggulan empat gol tak membuat Ajax menurunkan tensi serangan memasuki babak kedua dan lima menit selepas sepak lanjut Klaassen mampu menyelesaikan umpan silang Neres dengan tandukan tajam di muka gawang ADO.

Ajax melepaskan tak kurang dari sembilan percobaan tembakan lagi di sisa waktu yang ada, tetapi keunggulan 5-0 tak berubah hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Baca juga: AZ kantungi tiga poin penting selepas atasi PSV

Kemenangan ini membuat tim besutan Erik ten Hag memanfaatkan posisi mereka di puncak klasemen dengan raihan 66 poin, unggul 11 poin atas dua tim pesaing terdekat PSV Eindhoven dan AZ Alkmaar.

Sedangkan ADO (15) yang sudah 12 pertandingan tak merasakan kemenangan kini terperosok ke dasar klasemen, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Liga Belanda selanjutnya akan istirahat dua pekan ke depan untuk jeda internasional sebelum Ajax melawat ke markas Heerenveen dan ADO menjamu Utrecht pada awal April mendatang.

Baca juga: Ajax mantap di puncak setelah tundukkan Groningen

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar