Jakarta (ANTARA) - Ajax semakin mantap di posisi puncak klasemen Liga Belanda setelah menundukkan Groningen 3-1 dalam laga pekan ke-25 di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda, Minggu.

Dengan tambahan tiga poin itu, Ajax sekarang mengoleksi 60 poin di puncak klasemen, sedangkan Groningen, yang menelan kekalahan pertama dalam lima laga terakhirnya, tertahan di urutan keenam dengan 42 poin, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Pertandingan baru berusia lima menit ketika Ryan Gravenberch membuka keunggulan Ajax lewat tembakan jarak jauhnya yang melesak ke pojok kiri bawah gawang.

Ajax melepaskan setidaknya sembilan percobaan lain sepanjang babak pertama, termasuk tembakan Lisandro Martinez dari tengah kotak penalti pada menit ke-10, tetapi keunggulan mereka tak bertambah hingga turun minum.

Sebaliknya, salah satu peluang terbaik bagi Groningen untuk membalas terjadi pada menit ke-38 saat Bart van Hintum mengirim umpan silang sayang sundulan Mo El Hankouri masih bisa diamankan oleh kiper Maarten Stekelenburg.

Baca juga: Ajax curi satu poin dari PSV berkat penalti menit terakhir

Sembilan menit memasuki babak kedua, Ajax menggandakan keunggulan mereka ketika umpan David Neres diselesaikan secara sempurna oleh Sebastien Haller.

Lantas pada menit ke-77, Dusan Tadic memperlebar jarak keunggulan Ajax menjadi 3-0 melalui eksekusi penaltinya lima menit selepas VAR meninjau insiden pelanggaran handball Mike te Wierik di dalam area terlarang.

Groningen hampir membalas tiga menit kemudian, tetapi bola sepakan kaki kiri Patrick Joosten membentur mistar gawang.

Baru pada menit ke-84 Groningen akhirnya menjebol gawang tuan rumah melalui sundulan Ahmed El Messaoudi, tetapi itu hanya menjadi gol hiburan sebab Ajax tetap menang 3-1 di pengujung laga.

Di pertandingan berikutnya, Groningen akan menjamu Emmen pada Sabtu (13/3), sehari sebelum Ajax bertandang ke markas PEC Zwolle.

Namun, pada Kamis (11/3), Ajax akan terlebih dulu melakoni leg pertama babak 16 besar Liga Europa menjamu wakil Swiss, Young Boys.

Baca juga: Feyenoord berondong gawang VVV Venlo enam gol tanpa balas
Baca juga: Klasemen Liga Belanda: hasil De Topper kukuhkan posisi Ajax di puncak

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021