Bandarlampung optimistis Pasar Tani jadi pasar terbaik-aman nasional

Bandarlampung optimistis Pasar Tani jadi pasar terbaik-aman nasional

Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana, saat meninjau pasar tani yang masuk nominator atau lima besar pasar tradisional aman dari bahan berbahaya. Kamis. (25/3/2021). ANTARA/Dian Hadiyatna.

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota Bandarlampung optimistis Pasar Tani menjadi pasar tradisional terbaik nasional sebagai tempat jual beli yang aman serta bebas dari bahan berbahaya.

"Sekarang Pasar Tani sudah masuk lima besar nasional sebagai pasar aman, maka kita harap dengan intervensi dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Bandarlampung, pasar tradisional ini bisa dapat nomor satu," kata Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan dengan adanya penilaian dari pemerintah pusat terhadap pasar-pasar tentunya hal tersebut membuat para pedagang termotivasi dalam menjaga keamanan dan kebersihan bahan pangan dan lokasi pasar itu.

Baca juga: Wali Kota Jakarta Timur sebut pasar aman dikunjungi

"Kami juga akan terus mengedukasi para pedagang agar selalu menjaga kebersihan lokasi jual beli itu dan jangan sampai ada bahan makanan yang tidak layak konsumsi," kata dia.

Ia meminta kepada para pedagang di semua pasar yang ada di Bandarlampung dan juga masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan sebab saat ini masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

"Kita masih beruntung masih bisa melakukan aktivitas seperti biasa, tapi ingat protokol kesehatan harus diterapkan, namun saya lihat di pasar ini semua sudah sesuai dengan standar operasional prosedur yang sudah ditentukan untuk menjadi yang terbaik sebagai pasar aman," kata dia.

Namun Wali Kota berharap semua pasar yang ada harus menjadi pasar yang aman dan bebas dari bahan berbahaya walaupun tidak ada penilaian dari pemerintah pusat.

"Sebenarnya tidak terlalu penting juara atau tidak, karena nomor satu itu hanya normatif saja yang terpenting semua pasar harus sehat dan standar kesehatannya terjaga sebab bila ada bahan pengawet dan kadaluarsa kan berbahaya," kata dia.

Kepala BBPOM, Susan Gracia menyebutkan kunjungan Wali Kota Bandarlampung dan pihaknya ke Pasar Tani dikarenakan pasar tersebut menjadi nominator sebagai pasar aman nasional.

"Jadi sekarang Pasar Tani ini sudah masuk ke dalam lima besar pasar aman nasional dan kami akan mempersiapkannya menjadi nomor satu sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku," kata dia.

Baca juga: Pemkot ini lakukan sosialisasi berniaga sehat di 20 pasar rakyat
Baca juga: Gubernur Sulsel siap hadirkan pasar sehat

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Belanja sembako murah di Pasar Mitra Tani jelang Ramadhan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar