London (ANTARA News/AFP) - Lembaga peringkat internasional Fitch pada Kamis menurunkan peringkat BP dari "AA +" menjadi "AA" dan meletakkannya di pantauan negatif, mengutip risiko yang timbul dari bencana minyak di Teluk Meksiko.

"Fitch Ratings hari ini telah menurunkan peringkat utang jangka panjang dan peringkat senior unsecured (tanpa jaminan) BP plc`s masing-masing menjadi `AA` dari `AA +`, dan menempatkan peringkat pada Rating Watch Negative," kata badan dalam pernyataan.

Fitch menambahkan bahwa peringkat senior unsecured yang diterbitkan dari divisi pasar modal BP juga telah diturunkan ke `AA` dari `AA +` dan ditempatkan pada pantauan negatif.

"Penurunan peringkat BP mencerminkan pendapat Fitch bahwa risiko terhadap profil bisnis dan keuangan BP terus meningkat menyusul kecelakaan Deepwater Horizon di Teluk Meksiko AS," katanya.

"Perusahaan sejauh ini berkali-kali gagal menghentikan kebocoran minyak yang dihasilkan dan bukannya kembali ke metode penahanan yang belum sepenuhnya diimplementasikan dan menundukkan potensi gangguan yang terkait cuaca."

Fitch memperingatkan bahwa penyelidikan resmi AS, yang diluncurkan awal pekan ini, merupakan faktor negatif bagi BP.

"Salah satu faktor tambahan mendukung penururunan peringkat adalah pengumuman 1 Juni 2010 oleh Jaksa Agung Amerika Serikat, Eric Holder, bahwa investigasi kriminal dan perdata telah dibuka terhadap tumpahan minyak yang bisa berimplikasi negatif yang potensial untuk profil keuangan BP," tambah Fitch.

Tumpahan selama enam minggu, kini yang terburuk dalam sejarah Amerika Serikat, dimulai ledakan pada 20 April yang merobek rig Horizon Deepwater, 50 mil (80 kilometer) di lepas pantai Louisiana, menewaskan 11 pekerja.

Lebih dari 125 mil (200 kilometer) dari pantai Louisiana telah terkontaminasi, memicu kekhawatiran jangka panjang bagi satwa liar di wilayah itu yang sudah terancam punah.

Fitch juga mengatakan pada Kamis bahwa BP masih bisa menghadapi lebih dari penurunan peringkat dari risiko "substansial" lain terhubung ke tumpahan minyak terburuk dalam sejarah Amerika. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010