Bandarlampung (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) menginformasikan tinggi gelombang Merak-Bakauheni, Jumat, berpeluang 1,2 meter.

Selain itu angin di Selat Sunda bagian Utara tersebut bertiup dari Tenggara ke Selatan dengan kecepatan 05-10 knot, dan cuaca kemungkinan berawan.

Di Selat Sunda bagian Selatan, cuaca pun berawan, angin bertiup dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 06-15 knot, dan tinggi gelombang 1,3-2,5 meter.

Tinggi gelombang berkisar 0,8-1,3 meter berpeluang di Selat Bangka bagian Utara, cuaca berawan banyak hingga hujan, dan angin bertiup dari Timur ke Selatan dengan kecepatan 05-13 knot.

Di Selat Bangka bagian Selatan, cuaca pun berawan banyak hingga hujan, angin dari Timur ke Selatan dengan kecepatan 05-11 knot, dan tinggi gelombang 0,5-1,0 meter.

Begitu pula di Selat Gelasa, cuaca diprediksikan berawan banyak hingga hujan, angin dari Timur ke Selatan dengan kecepatan 05-13 knot, dan tinggi gelombang 0,8-1,3 meter.

Sementara itu, di Selat Bali bagian Utara (Ketapang - Gilimanuk), cuaca kemungkinan berawan, angin dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 03-20 knot, dan tinggi gelombang 0,5-1,3 meter.

Cuaca berawan pun dapat terjadi di Selat Bali bagian Selatan, angin bertiup dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 04-22 knot, dan tinggi gelombang 0,8-1,5 meter.

Sedangkan di Selat Badung, tinggi gelombang diperkirakan berkisar 0,8-1,5 meter, dengan cuaca berawan dan angin bertiup dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 04-22 knot.

Di Selat Lombok bagian Utara (Padang Bai - Lembar), cuaca pun diperkirakan berawan, angin dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 03-20 knot, dan tinggi gelombang 0,5-1,3 meter.

Dan di Selat Lombok bagian Selatan, cuaca pun berawan dengan angin bertiup dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 04-22 knot, dan tinggi gelombang 0,8-2,0 meter.

BMKG juga menginformasikan, tinggi gelombang 2,0-3,0 meter berpeluang di Perairan Bengkulu hingga Barat Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, dan Perairan selatan Jawa.

Kemudian, di Perairan Selatan P. Sumba, Laut Sawu bagian Selatan, Perairan P. Rote - Kupang, Laut Timor, Perairan Timur Sulawesi Tenggara, Laut Banda, Perairan Kep. Babar - Tanimbar, Perairan Kep. Kai - Kep. Aru, Perairan Merauke, dan Laut Arafuru.

Sedangkan gelombang 3,0-4,0 meter berpeluang di Samudra Hindia Selatan Bengkulu hingga Lampung. (T013/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010