Jakarta (ANTARA) - Dua gol yang dicetak Artem Dzyuba membawa tim nasional Rusia menang 2-1 atas Slovenia dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup H di Stadion Olimpiade, Fisht, Sochi, Rusia, Sabtu.

Kedua gol yang dicetak Dzyuba pada babak pertama itu hanya bisa dibalas sekali oleh Slovenia melalui Josip Ilicic, demikian catatan laman resmi UEFA.

Kemenangan ini membuat Rusia memantapkan posisi mereka di puncak klasemen Grup H dengan raihan enam poin, sedangkan Slovenia (3) berada di peringkat kedua sembari menanti hasil laga-laga lain yang berlangsung lebih larut.

Berbekal kemenangan mengejutkan kontra Kroasia di pertandingan sebelumnya, tim besutan Matjaz Kek berusaha menekan Rusia sejak awal laga, sayang tembakan Sandi Lovric dan Miha Mevlja belum menemui sasaran.

Sebaliknya, Rusia berusaha mengancam ketika umpan silang Aleksandr Golovin berhasil disambut oleh Georgi Dzhikiya, tetapi tembakannya masih mampu diamankan kiper Jan Oblak.

Baca juga: Kroasia tersungkur di Slovenia

Pada menit ke-26, Rusia mampu membuka keunggulan mereka saat Dzyuba mengkonversi umpan Daler Kuzyaev dengan sepakan kaki kanan dari tengah kotak penalti.

Keunggulan itu mampu digandakan pada menit ke-35 saat Dzyuba mencetak keduanya dengan menyambar bola muntah hasil tembakan Golovin yang gagal diantisipasi sempurna oleh barisan pertahanan Slovenia.

Semenit berselang, Slovenia mencetak gol balasan melalui tendangan jarak jauh Josip Ilicic yang menaklukkan kiper Anton Shunin dan membuat kedudukan jadi 1-2.

Keunggulan 2-1 yang bertahan hingga turun minum berusaha ditambahkan Rusia pada awal babak kedua, tetapi tembakan jarak jauh Yuri Zhirkov dan Rifat Zhelametdinov berlum membuahkan hasil.

Baca juga: FIFA tak hukum Jerman karena protes HAM terhadap Qatar
Baca juga: Belanda akan ikuti Jerman protes HAM di Qatar


Slovenia hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-67, sayang tembakan Ilicic menyambut umpan Jasmin Kurtic masih bisa diamankan oleh Shunin.

Tiga menit kemudian, giliran Oblak yang dibuat sibuk untuk mengamankan tembakan dari Vyachelsav Karavaev yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang.

Skor 2-1 mampu dijaga oleh Rusia hingga waktu normal usai dan lima menit injury time untuk mengunci kemenangan kedua mereka di fase kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.

Kedua tim dijadwalkan melakoni pertandingan berikutnya pada Selasa (30/3) saat Rusia bertandang ke Slowakia dan Slovenia melawat ke Siprus.

Baca juga: Joe Allen tak bisa perkuat Wales hadapi Ceko
Baca juga: Belgia pergi ke Praha tanpa tujuh pemain
Baca juga: Zlatan Ibrahimovic bantu Swedia tekuk Georgia 1-0

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021