Padang (ANTARA News) - Pengamat Ekonomi dari Pasca Sarjana Universitas Bung Hatta (UBH) Padang, Dr. Syafrizal Chan, berpendapat pemerintah mesti terus memperkuat ekonomi kerakyatan supaya pertumbuhan ekonomi nasional semakin baik dan kuat.

"Pertumbuhan ekonomi nasional semakin baik kalau pergerakan ekonomi di daerah terus menjadi perhatian. Pemerintah jangan sampai terfokus ke ekonomi makro saja," kata Syafriazal Chan di Padang, Minggu.

Menurut dia, upaya memperkuat ekonomi kerakyatan harus dilakukan agar ekonomi nasional tidak mudah terkena imbas ketika terjadi krisis dari sejumlah negara.

Karena itu, katanya, pemerintah harus memberikan perhatian lebih untuk sektor riil, di antaranyan pertanian dan perikanan yang akan menggerakan ekonomi di daerah.

Indonesia, katanya, dihadapkan dengan negara yang luas dan penduduk yang banyak yang tentu menuntut pemerintah harus bisa mengamankan pangan dalam negeri.

Bila pemerintah tidak mampu mengamankan pangan dalam negeri, andaikan terjadi krisis keuangan/ekonomi bisa berdampak buruk.

Karena itu, menurut dia, sektor riil harus menjadi perhatian, sehingga ekonomi kerakyatan kian tumbuh dengan baik karena penguatan di tingkat daerah sangat penting.

Namun, pemerintah jangan selalu mengandalkan dan mengedepan investasi dengan sumberdaya alam yang ada guna memperkuat ekonomi.

Dikatakannya, bupati/wali kota sebagai motor penggerak ekonomi kerakyatan di daerah harus lebih memberikan perhatian dan serius mendorong sektor riil.

Selain itu, kepala daerah harus bisa dan mampu membuka lapangan kerja dan memperbanyak proyek padat karya supaya bisa memberikan dampak ekonomi lebih terhadap masyarakat.

Kalau proyek yang dilakukan masih mengandalkan pemodal, katanya, jelas masyarakat akan makin tersingkir dan ekonomi kerakyatan kurang baik perkembangannya.

Direktur Pasca Sarjana UBH Padang itu menilai, gerakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) lebih sering diselenggarakan akan lebih baik sehingga bisa memangkitkan semangat masyarakat.

Selain menumbuhkan semangat, tentu program padat karya yang dikembangkan melalui TMMD bisa menggerakan perekonomian masyarakat karena banyak membangun infrastuktur untuk memperlancar arus distribusi hasil pertanian dan makin terbuka akses transportasi.

Selain itu, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pada kabupaten/kota harus bersinergis dengan Kementerian terkait dalam mendorong dan memberi penguatan terhadap ekonomi kerakyatan.

"Penguatan-penguatan ekonomi daerah harus diperbanyak, sehingga ekonomi nasional terus semakin baik dan kuat," katanya. (SA/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010