Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri China Cui Tiankai untuk membahas kelanjutan kerja sama negara-negara G-20.

Pertemuan itu dilakukan di Gedung Pancasila, Kompleks Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Jumat pagi sekitar pukul 09.00 WIB.

Menurut keterangan dari Kementerian Luar Negeri, tujuan dari pertemuan tersebut adalah mendiskusikan kerja sama dan koordinasi kedua negara dalam kerangka G-20.

Pertemuan Puncak G-20 akan diselenggarakan pada 26-27 Juni 2010 di Toronto, Kanada.

Pada pertemuan sebelumnya di Pittsburgh, September 2009, negara-negara anggota G-20 telah sepakat menginstitusionalisasikan Pertemuan Puncak G-20 sebagai forum utama bagi kerja sama ekonomi.

Perubahan tersebut diharapkan akan dapat menjadikan G-20 sebagai forum strategis dimana negara berkembang dan maju secara bersama-sama membahas berbagai isu ekonomi global, khususnya dalam upaya untuk memperbaiki tata ekonomi global untuk menghindari terulangnya krisis ekonomi global dan mewujudkan pertumbuhan ekonomi global yang kuat, berkelanjutan dan seimbang.

Selain G-20, kedua pihak juga membahas berbagai perkembangan isu-isu regional dan internasional yang menjadi perhatian kedua negara.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan menghadiri pertemuan puncak tersebut sebagaimana di waktu-waktu sebelumnya.

(T.G003/A041/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010