Jayapura (ANTARA News) - Duta Besar (Dubes) Vatikan untuk Indonesia, Mgr Leopoldo Girelli, dan para pemuka agama, Bupati Jayapura Habel Melkias Suwae serta tokoh masyarakat Jayapura menanam pohon lambang "Kerukunan Hidup Antarumat Beragama".

Acara penanaman anakan pohon akasia bantuan PT Freeport Indonesia (PTFI) itu dilakukan serentak oleh Dubes Vatikan dan para pemuka agama di kawasan wisata Danau Sentani, Kalkote, Sentani Timur.

Ikut mendampingi Dubes Vatikan dan para pemuka agama pada kesempatan tanaman pohon itu, para staf Kantor Perwakilan PTFI, para kepala dinas tingkat Kabupaten Jayapura,tokoh masyarakat dan pemuda.

Sebelum penanaman pohon, Dubes vatikan dan rombongan mendapat pengalungan bunga oleh anak-anak Jayapura yang mengenakan pakaian tradisional Papua.

Leopoldo Girelli juga menyempatkan diri menyakiskan secara langsung gladi kotor pesta budaya FDS 2010 yang akan digelar pada 19-23 Juni.

"Dubes Vatikan sangat menghargai kebudayaan dan tradisi masyarakat asli Papua sebagai bagian integral kehidupan manusia itu sendiri. Berbicara tentang manusia Papua berarti berbicara tentang tradisi dan kebudayannya," kata Ketua Panitia FDS 2010 Ir Anna H.O.S.Sawai.

Pada perhelatan budaya Festival Danau Sentani nanti, masyarakat Kabupaten Jayapura akan menggelar berbagai tarian tradisional dan sendra tari "keping-keping rahasia Danau Sentani" di atas perahu dan penampilan secara kolosal iringan musik rakyat, suling tambur dan lagu rakyat dengan aneka permainan rakyat termasuk tarian Nusantara. (*)

KR-MBK*KR-ALX/P007

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010