Mexico City (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Sebanyak 29 tahanan tewas, Senin, dalam kerusuhan di satu penjara di kota Mazatlan, negara bagian Sinaloa di bagian barat-laut Mexico, kata beberapa pejabat.

Sementara itu, sedikitnya 10 personil polisi tewas pada hari yang sama dalam dua penyergapan oleh beberapa pria tak dikenal yang bersenjata di kota Zitacuaro di negara bagian Michoacan, Mexico tengah.

Menteri Keamanan Masyarakat Negara Bagian Sinaloa Josefine Garcia mengkonfirmasi bahwa 18 tahanan ditembak hingga tewas dan 11 tahanan lagi ditikam hingga tewas selama bentrokan antara gerobolan narkotika yang berebut kekuasaan atas satu penjara di Mazatlan. Tiga penjaga dan beberapa tahanan juga cedera.

Ketika kerusuhan dapat dikendalikan, polisi menemukan tujuh senjata api, delapan benda logam dan satu alat pengangat es serta 183 selongson peluru. Sinaloa adalah tempat kartel nartkoba Sinaloa.

Kerusuhan itu berawal pada pagi hari, ketika tahanan berusaha menguasai penjaga saat pergantian jaga dalam upaya melakukan pelarian besar-besaran dari penjara.

Instalasi tersebut dikenal sebagai Pusat Mazatlan bagi Pelaksanaan Konsekuensi Hukum Pidana, yang menampung 1.600 penjhatat.

Angkatan Darat Mexico telah menguasai penjara itu dan ketenangan telah dipulihkan. Jalan-jalan di sekitar penjara tersebut dipatroli oleh militer dan polisi, sementara pemerintah lokal meminta pemindahan sebagian besar tahanan ke tempat lain.

Polisi negara bagian Michoacan mengatakan petugas yang tewas telah menyelesaikan patroli dan dalam perjalanan ke Mexico City ketika mereka diserang. Petugas tersebut balas menembak, sehingga menewaskan beberapa pria bersenjata dan melukai beberapa orang lagi. Sedikitnya, 15 petugas juga cedera dalam serangan itu.

Michoacan adalah pusat kartel narkoba La Familia dan daeran penting dalam aksi Presiden Felipe Calderon melawan kejahatan terorganisir.

Mexico telah dirongrong oleh kerusuhan yang berkaitan dengan narkotika dalam beberapa tahun belakangan.

(T.C003/B002/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010