Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh di Jakarta, Rabu, memantau penyelenggaraan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2010 di salah satu lokasi ujian, yakni SMA Negeri 70 Jakarta Selatan didampingi Ketua Umum SNMPTN, Prof Herry Suhardiyanto.

Ujian saringan masuk ke sejumlah PTN di Tanah Air dilaksanakan selama dua hari, yakni Rabu dan Kamis (17/6).

Mendiknas kepada pers mengatakan pelaksanaan SNMPTN tahun ini berjalan baik. Terlebih, proses pendaftaran SNMPTN dilakukan secara on line sehingga memudahkan bagi peserta untuk mendaftar di mana saja.

"Persiapan SNMPTN berjalan sangat baik. Ini merupakan komitmen dari panitia untuk memberi layanan terbaik," kata Mendiknas didampingi Ketua Umum Panitia SNMPTN, Prof Herry Suhardiyanto yang juga rektor Institut Pertanian Bogor dan Rektor Uinversitas Indonesia Prof Rusliwa Gumilar.

Pada hari pertama SNMPTN dilaksanakan ujian tulis Tes Potensi Akademik dan Tes Bidang Studi Dasar. Sementara pada Kamis, 17 Juni 2010 ujian tertulis untuk Bidang Studi IPA dan Tes Bidang Studi IPS.

Sementara itu, Ujian dan Tes Keterampilan akan dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu, tanggal 18 dan 19 Juni 2010.

Peserta SNMPTN 2010 sebanyak 447.000 naik 10 persen dari tahun sebelumnya. Daya tampung hanya mencapai 82.000 calon mahasiswa dari 57 PTN. Panitia menerjunkan 44.700 pengawas terdiri atas dosen, guru dan mahasiswa.

Prof Herry mengatakan panitia penyelenggara Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2010 memastikan akan mencegah terjadinya kecurangan. Panitia sudah menyiapkan strategi untuk mencegah masuknya joki dalam SNMPTN.
(Z003/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010